UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Efisiensi Eksternal pada Sistem Pendidikan: Sebuah Perspektif Determinan Foreign Direct Investment di Indonesia = External Efficiency of Education System: A New Perspective on Foreign Direct Investment in Indonesia

Abdi Yulian; Beta Yulianita Gitaharie, supervisor; Pribadi Setiyanto, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Ketersediaan skilled labor merupakan determinan yang penting dalam menarik Foreign Direct Investment (FDI). Sistem pendidikan dalam hal ini memiliki peranan kunci dalam menciptakan skilled labor yang sesuai dengan permintaan tenaga kerja atau yang sering disebut sebagai efisiensi eksternal. Lebih dari itu, institusi pendidikan tinggi dipercaya sebagai motor utama dalam mencetak skilled labor yang berkualitas guna menjadi faktor input perusahaan khususnya dalam mengisi posisi teknis, manajerial, dan profesional. Penelitian ini berfokus untuk mengukur efisiensi eksternal pada sistem pendidikan Indonesia dan menguji dampak efisiensi eskternal tersebut terhadap FDI. Estimasi efisiensi eskternal dilakukan menggunakan model Stochastic Frontier Analysis (SFA), sedangkan uji hubungan efisiensi eksternal terhadap FDI menggunakan model Random Effects. Penelitian yang menggunakan data panel dari 33 provinsi dalam rentang tahun 2010-2016 di Indonesia ini menemukan bahwa efisiensi eksternal signifikan dan positif meningkatkan FDI inflows di Indonesia. Selain itu, peningkatan lulusan pendidikan tinggi signifikan mempengaruhi efisiensi eksternal dan efeknya berbeda pada setiap disiplin ilmu dan bidang studi. Ironisnya, secara agregat efisiensi eksternal Indonesia hanya berada pada tingkat 32,5% pada tahun 2016 dan hanya 16 dari 33 provinsi yang memiliki sistem pendidikan yang efisien dan efektif.

The availability of skilled labor is an important determinant to attract Foreign Direct Investment (FDI). In this context, the education system has a key role in order to produce skilled labor that matches the demand for labor or usually referred to the external efficiency of the education system. Moreover, higher education is believed to be the main motor in producing high skilled-labor for technical, managerial and professional positions. This study focuses on estimating the external efficiency of the education system in Indonesia and testing the impact of external efficiency on FDI. Stochastic Frontier Analysis (SFA) model is used to estimating the value of external efficiency; on the other hand, the impact of external efficiency on FDI is examined by Random Effects model. This study uses panel data from 33 provinces in the range of year from 2010 to 2016, and find that external efficiency has a significant and positive relationship to attract FDI. In addition, the increasing of graduate rate affects external efficiency significantly and its impact differs through academic disciplines and field of study. Ironically, the external efficiency of Indonesia’s education system stands only at 32.5% in 2016 and only 16 out of 33 provinces have an efficient and effective education system.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Abdi Yulian.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 61 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-15431542 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20492369
Cover