UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis Pengaruh Motivasi terhadap Intensi Berwisata pada Potensi Pasar Wisatawan Muslim di Indonesia = Examining Travel Motivations and Travel Intentions for Potential Muslim Travelers in Indonesia

Najla Salsabila; Yeshika Alversia, supervisor; Gita Gayatri, examiner; Nissa Ghulma Ratnasari, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara push motivation, pull motivation, attitude, subjective norm dan behavioral intention intention untuk aktivitas wisata pada potensi pasar wisatawan Muslim. Adapun analisis utamanya akan dilakukan terhadap keseluruhan sampel, yang kemudian juga dilanjutkan dengan analisis terhadap dua kelompok yang didasarkan pada tingkat kepeduliannya terhadap aspek Islamic norms and practices (INP) saat berwisata. Responden yang memiliki tingkat kepedulian tinggi terhadap aspek INP saat berwisata dimasukkan ke dalam kelompok High INP, sedang responden yang memiliki tingkat kepedulian rendah terhadap aspek INP dimasukkan kedalam kelompok Low INP. Penelitian ini melibatkan 853 responden secara total. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling, yaitu dengan mengambil sampel masyarakat Muslim di Indonesia. Analisis data dilakukan menggunakan metode SEM (Structural Equation Modeling) dengan perangkat lunak AMOS. Hasil analisis menunjukkan bahwa push motivation dapat mempengaruhi calon wisatawan muslim untuk memiliki intensi berwisata. Jalur hubungan tersebut dapat ditemukan baik secara langsung, maupun melewati attitude yang nantinya mempengaruhi behavioral intention. Subjective norm juga ditemukan mempengaruhi intensi berwisata, khususnya pada kelompok responden yang memiliki tingkat kepedulian tinggi terhadap aspek Islamic norms and practices (INP). Hubungan antara pull motivation dan intensi berwisata tidak ditemukan pada penelitian ini

The purpose of this study is to analyze the relationship between push motivation, pull motivation, attitude, subjective norms and behavioral intention in terms of traveling for potential Muslim travelers. The main analysis will be carried out on the whole sample, which is then followed by an analysis of two groups based on their level of concern for Islamic norms and practices (INP) aspect when traveling. Respondents who have a high level of concern for INP when traveling are included in the High INP group, while respondents who have a low level of concern for INP when traveling are included in the Low INP group. This study involved 853 respondents in total. Convenience sampling techniques was used. Data analysis are performed using SEM (Structural Equation Model) method in AMOS. The results of the study show that push motivation can affect travel intention for potential Muslim Travelers in Indonesia. The relationship can be found directly or through an attitude that later affects the behavioral intention. Subjective norm is also found to affect the travel intention, especially in groups of respondents who have a high level of concern for Islamic norms and practices (INP). The relationship between pull motivation and travel intention is not found to be significant in this research.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Najla Salsabila.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xvi, 101 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-58232337 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20492384
Cover