Tesis lm membahas tentang perubahan sosial di Ukraina sebagai bagian dan
transisi menuju demokrasi pasca bubarnya Uni Soviet terkait dengan fenomena
sosial Revolusi Oranye tahun 2004 dengan menggunakan pendekatan visual
terhadap iklan komersial televisi di Ukraina Penelitian dilakukan terhadap
sembilan iklan komersial televisi Ukraina masa siar 2003-2005 dengan
menggunakan metodologi visual metode penelitian perubahan sosial dengan
strategi pendekatan visual culture demokratisasi dan globalisme dan kaji
semiotika Hasil penelitian menemukan adanya gagasan yang coba ditanamkan
kepada publik TV Ukraina, terkait aengan Revolusi Oranye yang menimbulkan
keinginan untuk lerubah menuju bentukan dan nilai-nilai Barat dengan adanya
pencitraan identitas Ukraina baru sebagai negara yang lebih Eropa tanpa
menghilangkan cin khas akan tradisi dan nilai Ukraina dalam perspektif
globalisme.
The focus of this study is to observe the social changes m Ukrame as a part of thepost-Soviet democratic transition m relation to the social movement of OrangeRevolution m 2004 usmg a visual approach on the Ukraiman TVCs The analysiswas set on mne TVCs broadcasted from 2003 up to 2005 using the visualmethodology with visual culture democratization and globalism theoiy as anapproach to the social changes research methods and semiotics analysis Theresult of this study identifies some ideas that were propagated to the public ofUkraiman TV that led to the desire to change m relation to the OrangeRevolution and bnng Ukrame closer to the West with the new nnage of EuropeanUkrame within the perspective of globalism.