UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Hubungan antara sektor pekerjaan dan jam kerja dengan obesitas pekerja di Indonesia = Relationship between job sector and working hours with obesity of workers in Indonesia

Sembiring, Steffi Riahta; Wongkaren, Turro Selrits, supervisor; Sri Murtiningsih S. Adioetomo, examiner; Syarifah Liza Munira, examiner (Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

Prevalensi obesitas pada penduduk dewasa terus mengalami peningkatan. Secara umum, obesitas disebabkan ketidakseimbangan antara energi yang masuk dan yang keluar dalam waktu yang lama. Bekerja merupakan kegiatan yang menghabiskan banyak waktu di kehidupan manusia. Seorang pekerja menggunakan lebih dari sepertiga waktunya dalam sehari di tempat kerja, sehingga faktor pekerjaan memengaruhi kebiasaan makan dan aktivitas mereka, yang dapat mengakibatkan kelebihan berat badan dan obesitas Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mempelajari hubungan sektor pekerjaan dan jam kerja dengan kejadian obesitas pada pekerja di Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Indonesian Family Life Survey (IFLS) tahun 2014.
Hasil analisis dengan metode regresi logistik biner menunjukkan bahwa sektor pekerjaan dan jam kerja memiliki hubungan yang signifikan dengan obesitas pada pekerja. Pekerja di sektor jasa dan industri memiliki kecenderungan lebih besar untuk mengalami obesitas dibanding pekerja di sektor pertanian. Selain itu jam kerja yang lebih panjang juga meningkatkan kecenderungan mengalami obesitas. Kejadian obesitas pada pekerja juga dipengaruhi secara signifikan oleh pola konsumsi, kebiasaan merokok, umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan, status perkawinan, dan penggunaan tenaga/usaha fisik dalam pekerjaan.

The prevalence of obesity in the adult population continues to increase. In general, obesity is caused by an imbalance between energy intake and expenditure for a long time. Work is an activity that spends a lot of time in human life. A worker uses more than a third of his time in the day at work, so work factors affect their eating habits and activities, which can lead to overweight and obesity. Therefore, this study aimed to determine the relationship between job sector and working hours with the incidence of obesity in Indonesia workers. The data used in this study is the 2014 Indonesian Family Life Survey (IFLS).
The results of the analysis with binary logistic regression method indicate that the job sector and working hours have a significant relationship with obesity in workers. Workers in the service and industry sectors have a greater tendency to be obese than workers in the agricultural sector. Longer working hours increase the tendency to be obese. The incidence of obesity in workers is also significantly affected by consumption patterns, smoking habits, age, gender, education level, marital status, and the use of physical labor at work.

 File Digital: 1

Shelf
 T53610-Steffi Riahta Sembiring.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T53610
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2019
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 65 pages : illustrations ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T53610 15-20-313560937 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20492565
Cover