UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Peran Iran dalam Konflik Yaman 2014-2018 (suatu analisis konstruktivisme) = Iran's Intervention in Yemen Conflict 2014-2018: An Analysis of Constructivism

Riskiansyah Ramadhan; Yon Machmudi, supervisor; M. Hamdan Basyar, supervisor; Muhamad Syauqillah, examiner; Sri Yunanto, examiner ([Publisher not identified] , 2019)

 Abstrak

ABSTRAK

Konflik di Yaman yang pada dasarnya merupakan persaingan antara kelompok-kelompok lokal dan pemerintah untuk mendapatkan kendali atas negara telah bertransformasi menjadi isu internasional dengan terlibatnya pihak-pihak eksternal. Hal itu diawali dengan terlibatnya Arab Saudi dan koalisinya pada tahun 2015 yang bertujuan untuk menghilangkan pengaruh Houthi. Di samping itu, konflik di Yaman juga telah menjadi medan proxy antara Saudi dan Iran. Fenomena keterlibatan Iran di Yaman akan dianalisis menggunakan konsep identitas dan kepentingan dari teori konstruktivisme yang dikemukakan oleh Alexander Wendt, dengan tujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang melatar belakangi ketertarikan Iran untuk mendukung Houthi dengan memberikan bantuan berupa senjata dan bantuan militer lainnya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelian ini menyimpulkan bahwa Syiahisme, anti imperialisme, baik terhadap AS maupun Israel, serta anti-Wahabisme merupakan faktor-faktor yang menarik Iran untuk mendukung Houthi. Di samping itu, keterlibatan Iran di Yaman juga dalam rangka mencapai kepentingan nasional berupa kepentingan politik dan ideologi.

Kata kunci : Houthi, Iran, Kepentingan, Konflik, Yaman



ABSTRACT
The conflict in Yemen which is a power competition between local tribes and government to gain control over the country has been internationalized by the involvement of external powers. Saudi Arabia`s led coalition intervention in early 2015 which aimed to diminish the Houthi rebels has worsened the conflict. Furthermore, the conflict has become the field of proxy between Saudi and Iran. Using constructivism theory of Alexander Wendt, with the concept of identity and interest, this paper aims to analyze the factors that attract Iran to get involved in Yemen conflict by supporting the Houthi by providing them with weapons and significant military assistance as Iran`s preference in Yemen is marginal and not significant than that of Saudi. The type of the research is analytical descriptive using a qualitative approach. The study concludes that Shiism, anti-imperialism, both against the US and Israel, and anti-Wahhabism are factors that attract Iran to support the Houthi. In addition, Iran`s involvement in Yemen is also in the context of achieving its national interests in the form of political and ideological interests.

 

Keywords : Conflict, Houthi, Interest, Iran, Yemen

 File Digital: 1

Shelf
 T53942-Riskiansyah Ramadhan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T53942
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2019
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 102 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T53942 15-20-647683005 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20493117
Cover