ABSTRAKTesis ini menganalisis mengenai karaktenstik daya jual wagashi Toraya
berdasarkan tuntutan konsumennya dewasa ini Toraya merupakan perusahaan go
pubhc yang berbasis keluarga dan tradisional suatu perusahaan yang
memproduksi dan memasarkan wagashi kelas atas dan telah berdm selama
hampir lima abad dan hingga saat mi telah dipimpin oleh generasi ke 17 dan
keluarga pemiliknya Dewasa mi masyarakat Jepang sudah menjadi bagian dan
masyarakat konsumsi dimana aktivitas konsumsi pada dasarnya bukan dilakukan
karena alasan kebutuhan namun lebih pada alasan simbolis yaitu kehonnatan
status dan identitas Masalah dalam penelitian mi adalah karaktenstik daya jual
wagashi Toraya berdasarkan tuntutan konsumennya dewasa lm Apa strategi
pemasaran perusahaan Toraya9 Bagaimana perusahaan Toraya menerapkan
strategi pemasarannva9 Mengapa perusahaan Toraya menerapkan strategi
pemasaran tersebut dalam usaha meningkatkan penjualannya9 Metode penelitian
mi adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif
Data yang digunakan meliputi data pnmer melalui wawancara (e-mail) dengan
pihak Toraya data survei angket kepada konsumen Toraya dan data sekunder
yang diperoleh dan buku jurnal artikel katalog dan website yang berkaitan
dengan penelitian ini Hasil penelitian menunjukkan karaktenstik daya jual
wagashi Toraya berdasarkan tuntutan konsumennya dewasa lm bahwa dengan
strategi pemasaran Toraya adalah membaca kebutuhan konsumennya dewasa lm
yang sesuai dengan moto perusahaan Toraya Yang Penting Saat lm Toraya
menerapkan strategi pemasarannya dengan melakukan inovasi dan perkembangan
produk selam mempertahankan tradisi dan melakukan pengembangan sumber
daya manusia melalui pelatihan dan trainmg Strategi pemasaran tersebut perlu
dilakukan oleh Toraya agar dapat diterima oleh konsumennya yang saat mi sudah
menjadi bagian dan masyarakat konsumsi
ABSTRACTThis thesis analysis the charactenstics of the selhng power wagashi Toraya by the
demands of todays Toraya consumers Toraya is a go public company based on
family and traditional busmess which produces and markets high level wagashi
Toraya company was already estabhshed nearly five centunes and until now lt
was headed by the 17th generation of the owners family Today the Japanese
society has become a part of the consumer society which is basically the activity
of consumption is not for necessity reasons but more than symbolic reasons, like
the honor status and identity The problem m this thesis is the charactenstics of
the selhng power wagashi Toraya based on today's Toraya consumer demands
What is the marketing strategy of Toraya company9 How has Toraya company
implement their marketing strategy9 Why has Toraya company lmplementing that
marketmg strategy m an effort to increase their sales9 The method of this analysis
is quahtative research usmg the descnptive analysis method The usmg data
mclude the prirnary data through mterviews (e mail) with the Toraya compnay
questionnaire survey data to the consumers Toraya and the secondary data
obtained ffom books, Journal s articles newsletters and websites related to this
research The results of this research that the charactenstics of the selhng power
wagashi Toraya based on demands of today's Toraya consumers the marketing
strategy of Toraya is reading the current needs of their consumers which
accordmg to their motto is "The Important Thmg is Now " The strategy
marketmg of Toraya is always makmg mnovation and development products
beside mamtainmg the tradition and to develop human resources through
education and traming To be accepted by the consumers that marketmg strategy
should be taken by Toraya which are now their consumers who have already
become a part of the consumers society