UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Penerapan teori Orem dan Swanson pada ibu postpartum dengan kematian neonatal dini = Application of Orem s and Swanson s theory in postpartum mother experienced early neonatal death

Neni Fidya Santi; Imami Nur Rachmawati, supervisor; Yati Afiyanti, supervisor; Freddy Dinata, examiner; Yenita Agus, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

ABSTRAK
Kematian neonatal dini bertanggungjawab pada tiga perempat kasus kematian neonatal. Kondisi ibu post partum dengan kematian neonatal dini merepresentasikan kehilangan multipel yang dialami oleh ibu, ditambah lagi dampak kehilangan tidak hanya pada sisi emosional saja namun juga pada aspek reaksi fisik,kognitif, perilaku, sosial dan spiritual yang berpengaruh pada kualitas hidup ibu, oleh karena itu asuhan keperawatan yang holistik diperlukan dalam penatalaksanaan kasus ini. Karya ilmiah ini merupakan laporan dari studi kasus dengan mengintegrasikan teori Orem dan Swanson yang diterapkan pada lima ibu dengan kematian neonatal dini. Latar belakang klien yang bervariasi diantaranya usia ibu berkisar 17 hingga 34 tahun, usia kehamilan dari 23 minggu hingga 36 minggu dengan penyebab kematian neonatus dikarenakan prematuritas, kelainan kongenital mayor dan pertumbuhan janin terhambat. Evidence Based Nursing Practice (EBPN) yang diaplikasikan berupa Muslim Bereavement Support merupakan bagian dari intervensi keperawatan yang terbukti efektif mengurangi intensitas berduka klien. Intervensi keperawatan dan dukungan yang diberikan melalui asuhan keperawatan secara tepat dapat membantu ibu postpartum yang mengalami kematian neonatal dini untuk secara mandiri merawat dirinya dan meningkatkan kesejahteraan ibu.

ABSTRACT
Early Neonatal Death (END) is responsible for three quarters of cases of neonatal death. Postpartum mothers with END represent multiple losses, additionally the impact of loss not only on the emotional aspect but also physical, cognitive, behavioral, social and spiritual reactions and require holistic nursing care. A scientific report comprises a case study report by applying Orem and Swanson theory in five mothers who experienced END with various backgrounds such age 17-34 years old, 23-36 weeks of gestation with different cause of END range from prematurity, major congenital anomaly and Intra Uterine Growth Restriction (IUGR). Evidence Based Nursing Practice (EBPN) as a part of nursing intervention effective in reduce grief intensity in mothers experienced END. An appropriate Interventions and support from nurses help mothers who experience END to independently care for themselves and improve their wellness.

 File Digital: 1

Shelf
 SP-Neni Fidya Santi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : SP-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2019
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : x, 30 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
SP-pdf 16-22-36529332 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20493595
Cover