UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Penerimaan karyawan atas teknologi kolaborasi: teori kesatuan tentang penerimaan dan penggunaan teknologi yang dikombinasikan dengan moderator perilaku karyawan dan kepemimpinan = Employees acceptance of collaboration technology: the unified theory of acceptance and use of technology combined with employee and leadership behavior moderators

Khaidar Rapiz Putra; Arviansyah, supervisor; Ratih Dyah Kusumastuti, examiner; Rizqiah Insanita, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

Munculnya Internet telah memungkinkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan sistem informasi (SI) untuk memfasilitasi kolaborasi kerja, interaksi sosial, serta berbagi pengetahuan di antara karyawan dalam organisasi. Kemajuan semacam itu telah diterapkan pada skala tingkat perusahaan dan menjadi komponen penting dari kegiatan pekerjaan sehari-hari, baik di dalam maupun di luar tempat kerja. Oleh karena itu, pemahaman yang lebih baik tentang penerimaan karyawan dan penggunaan teknologi kolaborasi, khususnya terkait dengan perilaku proaktif mereka dalam meningkatkan kecocokan pekerjaan perorangan dan motivasi kerja, akan membantu organisasi untuk menerapkan sistem tersebut.
Penelitian ini memperluas model teoritis dari teori penerimaan dan penggunaan teknologi terpadu (UTAUT) dengan memperkenalkan moderator baru, memberikan wawasan baru tentang bagaimana job crafting yang didemonstrasikan oleh karyawan dan gaya kepemimpinan atasan langsung mempengaruhi niat perilaku individu pada tahap pasca adopsi dari teknologi. Studi kuantitatif, serta kualitatif, dilakukan di salah satu maskapai penerbangan nasional terbesar di Indonesia, yang telah berhasil menerapkan sistem produktivitas berbasis kolaborasi online. Pendekatan partial least squares digunakan untuk menguji model yang diajukan menggunakan data yang dikumpulkan dari 115 karyawan.
Harapan kinerja ditemukan menjadi satu-satunya prediktor signifikan dari niat perilaku, sementara niat perilaku bersama kondisi yang memfasilitasi adalah signifikan dalam memprediksi penggunaan teknologi yang sebenarnya. Konsisten dengan literatur sebelumnya dalam konteks teknologi pasca adopsi, harapan usaha dan pengaruh sosial ditemukan tidak signifikan untuk memprediksi niat perilaku. Akhirnya, hasil estimasi menunjukkan bahwa perilaku job crafting untuk mencari sumber daya pekerjaan sosial bersama gaya kepemimpinan transaksional atasan langsung adalah signifikan untuk mempengaruhi niat perilaku karyawan untuk menggunakan teknologi dengan memoderasi masing-masing pengaruh pengaruh sosial dan harapan kinerja.

The advent of the Internet has enabled information and communication technologies (ICTs) and information systems (IS) to facilitate work collaboration, social interaction, as well as knowledge sharing among employees within organizations. Such advancement has been implemented at enterprise-level scale and becomes essential components of daily job activities, both in and out of the workplace. Therefore, a better understanding of employees acceptance and usage of collaboration technologies, specifically related to their proactive behavior in improving their person-job fit and work motivation, would help organizations to implement the system.
This research extends the theoretical model of the unified theory of acceptance and use of technology (UTAUT) by introducing new moderators, providing new insights into how employees job crafting and leadership style of direct supervisors affect individual behavioral intention in the post-adoption stage of technologies. The quantitative, as well as qualitative study, is conducted in one of the largest national airlines in Indonesia, which has successfully implemented an online collaboration-based productivity system. Partial least squares approach is employed to test the proposed model using data collected from 115 employees.
Performance expectancy is found to be the only significant predictor of behavioral intention, while behavioral intention alongside facilitating conditions is significant in predicting the actual use of the technology. Consistent with prior literature in the context of technology post-adoption, effort expectancy and social influence are found to be insignificant to predict behavioral intention. Finally, the results show that job crafting behavior for seeking social job resources alongside transactional leadership style of direct supervisors are significant to influence employees behavioral intention to use the technology by moderating the effects of social influence and performance expectancy respectively.

 File Digital: 1

Shelf
 T53026-Khaidar Rapiz Putra.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T53026
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xi, 61 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T53026 15-21-724746576 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20493672
Cover