UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Studi Komparasi mRNA IRS-1 pada Sel Darah Wanita dengan Sindrom Ovarium Polikistik Obesitas Dan Non Obesitas = Study of mRNA IRS-1 expression in Blood Cells of Woman with Polycystic Ovarian Syndrome with and without Obesity

Dhiandra Wirantari Safira; Anom Bowolaksono, supervisor; Andon Hestiantoro, supervisor; Abinawanto, examiner; Upi Chairun Nisa, examiner (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

ABSTRAK
Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah gangguan reproduksi yang terpengaruh oleh beberapa faktor, termasuk hiperinsulinemia yang memicu keadaan resistensi insulin. Faktor yang mempengaruhi resistensi insulin antara lain obesitas dan kelainan ekspresi substrat reseptor insulin-insulin-1 (IRS-1) substrat reseptor yang dikodekan oleh gen IRS-1. Belum diketahui apakah kelainan IRS-1 merupakan faktor penyebab resistensi insulin pada wanita non-obesitas. Penelitian ini dilakukan selama mengetahui perbandingan ekspresi mRNA IRS-1 pada wanita obesitas dengan PCOS dan non obesitas yang dapat digunakan untuk mempelajari pengaruh obesitas dan resistensi insulin pada PCOS. Penelitian dilakukan dengan metode Real Time PCR pada RNA diisolasi dari darah tepi wanita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara ekspresi IRS-1 antara wanita dengan PCOS kontrol normal, dan ada perbedaan yang signifikan antara kelompok obesitas dan non-obesitas kegemukan. Ekspresi IRS-1 pada pasien dengan PCOS dan obesitas diduga lebih tinggi karena regulasi substrat reseptor insulin.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Dhiandra Wirantari Safira.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2019
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 80 pages : illustration ; 30 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI. Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-22-70428842 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20494064
Cover