UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis Pemanfaatan Jalan Untuk Keperluan Khusus Terhadap Ketertiban Umum = Analysis on specific road usage according to public order

Eros Akhirul Ihsan; Tri Hayati, supervisor; Hari Prasetiyo, examiner; Savitri Nur Setyorini, examiner; Hendriani Parwitasari, examiner (Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

Skripsi ini membahas mengenai suatu pemanfaatan jalan secara khusus yang ditinjau dari pengaturan yang terdapat dalam hukum positif di Indonesia dan dampak yang ditimbulkan terhadap ketertiban umum yang berlaku dalam lalu lintas. Penelitian ini mengangkat mengenai adanya pertentangan terhadap pemanfaatan jalan yaitu antara jalan sebagai barang publik untuk kebutuhan lalu lintas dan pemanfaatan oleh kelompok masyarakat untuk menggunakan jalan sebagai tempat untuk melakukan aktivitas keramaian . Masalah yang diangkat dalam penelitian ini meliputi pengaturan terhadap kegiatan yang memanfaatkan lalu lintas secara umum dan bagaimana adanya kegiatan yang memanfaatkan jalan tidak mengganggu lalu lintas.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain skripsi analisis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya hubungan secara langsung yang ditimbulkan oleh pemanfaatan jalan secara khusus terhadap ketertiban umum beserta upaya yang dapat dilakukan para pihak yang terkait dalam pemanfaatan jalan secara khusus agar adanya pemanfaatan jalan secara khusus tidak mengganggu atau setidaknya mengurangi adanya gangguan yang ditimbulkan oleh pemanfaatan jalan secara khusus. Untuk dasar hukum dari adanya pemanfaatan jalan secara khusus,peraturan perundang-undangan yang digunakan adalah Peraturan Kapolri No.10 Tahun 2012 tentang Pengaturan Lalu Lintas dalam Keadaan Tertentu dan Penggunaan Jalan selain untuk Kegiatan Lalu Lintas.

This research is about specific road usage which analyzed using positive law in Indonesia and it’s effect on public order in terms of road traffic.This research writes about conflict on road usage between road usage as public goods which used to facilitate traffic and usage of road by groups of people who used roads to facilitate any acticity that has crowds. Problems being solved in this research includes how positive law in Indonesia regulate about roads as a space for public activity and how public activity on roads doesn’t disturb traffic . This type of research is qualitative using analytical approach. Results of this research indicates there are direct effects between specific road usage to public order, another an attempt trying to reduce any disturbance affected by specific road usage. Specific road usage using Peraturan Kapolri No.10 Tahun 2012 tentang Pengaturan Lalu Lintas dalam Keadaan Tertentu dan Penggunaan Jalan selain untuk Kegiatan Lalu Lintas as a legal basis.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Eros Akhirul Ihsan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2019
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 96 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-22-31300971 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20494175
Cover