UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Sekolah sebagai latar favorit novel Wattpad = School as a Wattpad novel favourite setting

Suma Maharani Putri; Ibnu Wahyudi, supervisor; Maman Soetarman Mahayana, examiner; Nazarudin, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

Penelitian ini membahas latar tempat yaitu sekolah sebagai latar yang sering digunakan dalam novel-novel yang diadaptasi dari Wattpad. Data yang digunakan adalah novel adaptasi Wattpad, yaitu novel Mariposa (2018) karya Luluk HF, Matt dan Mou (2016) karya Wulanfadi, dan Senior (2018) karya Kata Kokoh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik yang bertujuan untuk memaparkan fungsi latar sekolah dalam ketiga novel. Selain itu, penelitian ini juga membahas tanggapan pembaca yang sebagian besar adalah remaja dalam hubungannya dengan kepopuleran novel-novel adaptasi Wattpad. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa latar sekolah berfungsi untuk mengakrabkan novel tersebut dengan kehidupan remaja sehingga menjadi latar yang sering digunakan dalam novel-novel Wattpad. Hal ini juga tampak dari tanggapan-tanggapan pembaca terhadap persoalan remaja yang diangkat dalam ketiga novel. Tanggapan tersebut membuktikan bahwa remaja memiliki pemahaman yang sama dalam menyikapi kehidupan sekolah dengan kehidupan sekolah yang diangkat.

This study discusses school as a setting that is often used in novels adapted from Wattpad. The novel used in this study are from Wattpad adaptation, Mariposa by Luluk HF, Matt and Mou by Wulanfadi, and Senior by Kata Kokoh. This study uses a descriptive analytical method that aims to describe the characteristics of the school setting in all three novels. In addition, this study also discusses the readers responses in relation to the popularity of Wattpad's adaptation novels with school setting. The results of this study indicate that the school setting is closely related to adolescent life so it becomes a setting that is often used in Wattpad novels. This is also supported by readers responses to the problems of adolescents that raised in the three novels. The response proves that readers who are none other than adolescents have the same understanding of the school life that is raised in three novels.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Suma Maharani Putri.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 31 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 11-22-56911040 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20494273
Cover