UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Tradisi ziarah pada makam Wali, Ulama, dan Tokoh = Pilgrimage traditions on the Tombs of Guardians, Ulamas, and Figures

Janeeta Haryani; Apipudin, supervisor; Juhdi Syarif, examiner; Ade Solihat, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

Penelitian ini membahas tentang tradisi ziarah ke makam-makam keramat di Indonesia, antara lain makam wali, ulama dan tokoh. Penulis tertarik dengan tradisi ini karena sudah lama dilakukan oleh masyarakat Islam dan menjadi kebiasaan hingga saat ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian studi pustaka dengan memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh data dan metode penelitian lapangan. Metode penelitian lapangan yang penulis lakukan adalah metode obeservasi, wawancara, dan partisipasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tindakan sosial dari Max Weber. Hasil dari penelitian ini memaparkan trasidi ziarah di makam wali, yaitu Sunan Gunung Jati, satu makam ulama di Bogor, empat makam ulama di Jakarta, dan makam wali di Cirebon, serta makam tokoh di Banten. Penelitian ini juga memaparkan jenis peziarah yang ada, motivasi peziarah, dan praktik yang dilakukan ketika berziarah, yaitu bacaan saar berziarah dan meminum air barokah.

This study discusses the tradition of pilgrimage to the sacred tombs in Indonesia, the tombs of guardians, ulamas and figures. The author is interested in this tradition because it has long been practiced by the Islamic community and has become a habit today. The research method used is library research research method by library resources to obtain data and field research methods. The method of field research by the author is the method of observation, interviews, and participation. The theory used in this study is the theory of social action from Max Weber. The results of this study describe trasidi pilgrimage in the guardian's grave, Sunan Gunung Jati, one of the ulama's graves in Bogor, four of ulama's graves in Jakarta, and the guardian's grave in Cirebon, and the tomb of a figure in Banten. This study also describes the types of pilgrims that exist, pilgrims' motivation, and the practices carried out while on pilgrimage, namely reading pilgrimage and drinking baraka water.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Janeeta Haryani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 27 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 11-22-32082134 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20494276
Cover