Tulisan ini membahas tentang tindak tutur ekspresif mengeluh dan strategi mengeluh dalam bahasa Arab, dengan mengambil data dari film animasi Bilal (2016). Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik studi pustaka. Teori yang digunakan adalah teori strategi mengeluh dari Anna Trosborg (1995) yang mengatakan bahwa ada empat kategori mengeluh yakni keluhan implisit, keluhan yang mengungkapkan kekesalan, keluhan dengan tuduhan, dan keluhan dengan menyalahkan. Hasil yang ditemui menunjukkan strategi mengeluh yang banyak digunakan dalam bahasa Arab adalah mengeluh dengan isyarat, menyalahkan tindakan dan modifikasi menyalahkan. Adapun strategi mengeluh yang paling jarang digunakan adalah tuduhan langsung dan tidak langsung. Penggunaan strategi tutur mengeluh ini terkait dengan hubungan dan status sosial antara penutur dengan mitra tutur. Strategi keluhan yang eksplisit seperti menyalahkan cenderung digunakan kepada mitra tutur yang status sosialnya lebih rendah. Sebaliknya, strategi yang halus seperti isyarat cenderung digunakan kepada mitra tutur yang status sosialnya lebih tinggi.
This paper discusses the expressive speech acts of complaining and complaining strategies inArabic, by taking data from the animated film Bilal (2016). The methodology used in thisstudy is a qualitative method with library research techniques. The theory used is the strategyof complaining from Anna Trosborg (1995) which says that there are four categories ofcomplaining namely no explicit reproach, expression of annoyance or disapproval,complaints with accusations, and complaints with blame. The results found that complainingstrategy that is widely used in Arabic is hints, explicit blame, and modified blame. Thecomplaining strategies that are most rarely used are direct and indirect accusation. The use ofcomplaining strategy is related to the relationship and social status between the speaker andthe hearer. Explicit complaint strategies such as blame tend to be used for hearer whose socialstatus is lower. On the contrary, subtle complaint strategies such as hints tend to be used forhearer whose social status is higher.