UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Ledakan bom dan tabur bunga: pasang-surut hubungan Indonesia dengan Singapura setelah Macdonald house bombing (1965-1973) = Bomb explosion and scatter flowers: the ups and downs of Indonesias relation with Singapore after the Macdonald house bombing

Ira Tirta Kurnia; Linda Sunarti, supervisor; Didik Pradjoko, examiner; Abdurakhman, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

Artikel ini membahas mengenai hubungan Indonesia dengan Singapura setelah terjadinya peristiwa Macdonald House Bombing. Penelitian ini adalah penelitian sejarah diplomasi yang menitikberatkan pada dampak dari adanya peristiwa Macdonald House Bombing terhadap dinamika hubungan Indonesia dengan Singapura dalam kurun waktu 1965-1973. Perbedaan dari kajian ini dengan kajian lain yang membahas hubungan Indonesia dengan Singapura ialah ruang lingkup permasalahannya yang menjadikan Macdonald House Bombing sebagai fokus pembahasan. Hasil dari kajian ini menjelaskan bahwa peristiwa Macdonald House Bombing yang terjadi pada tanggal 10 Maret 1965 mampu mempengaruhi hubungan Indonesia dengan Singapura di bidang politik, ekonomi, dan keamanan selama beberapa tahun. Selain itu, faktor lain seperti eksekusi mati yang dilakukan oleh Pemerintah Singapura terhadap Usman dan Harun selaku pihak yang bertanggung jawab atas ledakan di Macdonald House pada tanggal 17 Oktober 1968 juga turut mempengaruhi pasang-surut hubungan Indonesia dengan Singapura. Sumber yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari arsip dan dokumen pemerintah kedua negara, koran sezaman, jurnal, dan buku.

This article discusses the relationship between Indonesia and Singapore after the Macdonald House Bombing event. This research is a diplomacy history which focuses on the impact of the Macdonald House Bombing on the dynamics of relations between Indonesia and Singapore in the period 1965-1973. The difference from this study with another study that discusses the relationship between Indonesia and Singapore is the scope of the problem that made Macdonald House Bombing as the focus of the discussion. The results of this study explained that the Macdonald House Bombing that occurred on March 10, 1965 was able to influence the relationship between Indonesia and Singapore in the political, economic and security fields for several years. In addition, other factors such as the execution by the Singapore Government of Usman and Harun as the responsible persons for the explosion at the Macdonald House on October 17, 1968 also affected the ups and downs of relations between Indonesia and Singapore. The materials used in this study consisted of government archives and documents from both countries, contemporary newspapers, journals, and books.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Pdf Ira Tirta Kurnia.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xvii, 90 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-21-447272150 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20494374
Cover