UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan antara naungan dengan Specific Leaf Area (SLA) dari synedrella nodiflora, mikania micrantha dan tridax procumbens yang tumbuh di Kampus Universitas Indonesia, Depok = Correlation between shade and specific Leaf Area (SLA) of synedrella nodiflora, mikania micrantha and tridax procumbens in University of Indonesia, Depok

Nadila Amanda Zuliani; Andi Salamah, supervisor; Dimas Haryo Pradana, supervisor; Afiatry Putrika, examiner; Erwin Nurdin, examiner (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

Famili Asteraceae tercatat memiliki spesies terbanyak yaitu 162 spesies yang termasuk dalam kategori invasif karena memiliki karakter khusus antara lain tumbuh di lingkungan yang tidak menguntungkan, menghasilkan biji yang banyak, tingkat perkembangbiakan yang tinggi dan kemampuan dalam penyebaran biji. Pertumbuhan Asteraceae dipengaruhi oleh intenistas cahaya. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk melihat pengaruh intensitas cahaya terhadap tanaman yaitu dengan keberadaan naungan. Karakter Specific Leaf Area (SLA) pada tumbuhan akan memberikan respons terhadap naungan yang akan mempengaruhi fotosintesis dan kandungan nitrogen (N) di tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara naungan dengan respons SLA dan nilai Specific Leaf Area (SLA) dari Synedrella nodiflora, Mikania micrantha dan Tridax procumbens. Penelitian dilakukan di lingkungan Kampus UI, Depok selama 4 bulan dari bulan Februari hingga Juni 2019 dengan metode purposive random sampling. Pengambilan sampel dibagi dalam 7 kompartemen di area terbuka dan tertutup dengan menggunakan kuadrat berukuran 1x1 m. Jumlah plot terbuka dan tertutup yang ditemukan sebanyak 71 plot. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat hubungan yang kuat dan tidak searah antara naungan dengan SLA yang artinya bila intensitas cahaya mengalami kenaikan maka nilai SLA akan menurun atau sebaliknya. Nilai SLA untuk masing-masing spesies memperoleh nilai lebih tinggi di plot tertutup dibanding plot terbuka.

The Asteraceae family has the highest species, 162 species included in the invasive category because they have special characteristics such as growing in an unfavorable environment, producing many seeds, high breeding rates and the ability to distribute seeds. Asteraceae growth is affected by light intensity. One way that can be used to see the intensity of light on plants is to use shade. Specific Leaf Area (SLA) characters in plants will respond to shade that will affect photosynthesis and nitrogen (N) content in the soil. This study aimed to study the correlation between shade and SLA response and the value of Specific Leaf Area (SLA) from Synedrella nodiflora, Mikania micrantha and Tridax procumbens. The research was conducted at campus UI, Depok for 4 months from February to June 2019 with a purposive random sampling method. Sampling is divided into 7 compartments in the open and closed area with a square of 1x1 m. The number of open and closed plots found was 71 plots. Based on the results of the study, there is a strong and unidirectional relationship between shade and SLA which means that if the light intensity increases then the SLA value will decrease or vice versa. SLA values for each species scored higher in closed plots than in open plots.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Pdf Nadila Amanda Zuliani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2019
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 37 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-21-345258021 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20494602
Cover