UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Sintesis Lantanum Metal Organic Frameworks (La-MOFs) dengan Ligan Benzena Dikarboksilat (BDC) dan Naftalena Dikarboksilat (NDC) sebagai Fotokatalis Degradasi Dye Rhodamin-B = Synthesis of Lanthamum Metal Organic Frameworks (La-MOFs) with Benzene dicarboxylic acid (BDC) and Naphtalene dicarboxylic acid (NDC) Ligands as Degradation Photocatalyst of Dye Rhodamine-B

Achmad Buhori; Agustino Zulys, supervisor; Jarnuzi Gunlazuardi, supervisor; Yuni Krisyuningsih, examiner; Endang Asijati Widijaningsih Ichsan, examiner; Helmiyati, examiner (Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

Saat ini, limbah menjadi masalah yang semakin serius bagi lingkungan, terutama limbah industri. Pewarna Rhodamine-B adalah contoh limbah industri yang berbahaya dan sulit terdegradasi di ekosistem. Fotodegradasi pewarna menggunakan fotokatalis merupakan alternatif yang menjanjikan untuk mengurangi jumlah limbah pewarna di lingkungan, terutama di perairan. Namun, diperlukan fotokatalis yang stabil, efisien, dan ramah lingkungan untuk menurunkan polutan organik yang persisten. Kerangka Logam-Organik (MOF) sebagai bahan fungsional baru yang dapat menjadi fotokatalis potensial karena stabilitas termal yang baik, serta sifat permukaan yang dapat dirubah. Dalam penelitian ini, 2 jenis Lanthanum-MOF dipilih untuk disintesis dengan variasi ligan, yaitu 1,4-Benzene dicarboxylic acid (BDC) dan 2,6-Naphthalene dicarboxylic acid (NDC) menggunakan metode solvothermal. Karakterisasi Lanthanum-MOF dilakukan dengan menggunakan FTIR, XRD, Surface Area Analyzer (BET), spektrofotometer UV-DRS, dan juga instrumentasi SEM. Proses oksidasi lanjutan asam-peroksida (AOP) digunakan dalam aplikasi fotokatalitik La-MOFs. Efisiensi degradasi (% degradasi) rhodamin-b selama 120 menit menggunakan MOFs La-BDC dan MOFs La-NDC untuk setiap fotokatalis adalah 69,47% dan 89,3%.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Achmad Buhori.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : Spdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2019
Bahasa : Ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xviii, 63 pages : illustration ; 30 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
Spdf 14-21-047003735 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20494906
Cover