UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Model implementasi design thinking untuk meningkatkan kemampuan inovasi di PT. Telkom Akses = Design thinking implementation model based on mindset pattern of PT. Telkom Akses employees

Irfan Ardiansyah; Arviansyah, supervisor; Harahap, Muslim Efendi, examiner; Nurmala, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

Perkembangan teknologi dan dengan dorongan untuk kemajuan dalam akses internet telah membawa dunia bisnis ke era yang dikenal sebagai industri 4.0. Selain itu, tatanan ekonomi baru muncul, di mana perusahaan mapan harus berurusan dengan organisasi digital besar dan perusahaan baru yang inovatif di mana keduanya berusaha membangun model pendapatan baru. Penelitian ini mengembangkan model untuk mengimplementasikan design thinking di PT. Telkom Akses. Banyak organisasi saat ini beralih ke metode design thinking untuk mengatasi tantangan kompleks yang mereka hadapi. Model yang dikembangkan dalam penelitian ini berdasarkan pada pola pikir individu karyawan PT. Telkom Akses. Proses penelitian melibatkan desain metode campuran yang terdiri dari dua fase. Dalam fase 1, 90 orang merespons survei online. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis faktor eksplorasi (PCA) dan konfirmasi (CFA). Sebuah model baru dikembangkan yang mengidentifikasi empat kemampuan inti yang diperlukan untuk terlibat dalam design thinking: Fokus Pelanggan, Fokus Inovasi, Fokus Optimisme Solusi Kreatif, dan Fokus Peningkatan Kompetensi & Kolaborasi. Pada fase 2, 5 responden dari manajemen PT. Telkom Akses dipilih untuk berpartisipasi dalam wawancara lanjutan. Temuan dari fase kedua penelitian menunjukkan model dipersepsikan untuk secara akurat menerapkan design thinking berdasarkan pola pikir individu karyawan.

This study developed a model to implement design thinking in PT. Telkom Akses. Many organizations today are turning to design thinking to tackle the complex challenges they face. As organizations move toward adopting this way of working the need to develop design thinking capabilities in individuals becomes imperative. The capabilities needed for engaging in design thinking are skills that we all have to some varying degree, but we do not all use them to their full potential when solving problems. The model developed in this study based on the individual mind set of PT. Telkom Akses employees. The research process involved a two-phase mixed methods design. In Phase 1, 90 individuals responded to an online survey. The data collected were analyzed using exploratory and confirmatory factor analyses. A new model was developed that identified the four core capabilities needed to engage in design thinking: Customer Focus, Innovation Focus, Creative Solution Optimism Focus, and Competency & Collaboration Improvement Focus. In Phase 2, 5 respondents from PT. Telkom Akses management were selected to participate in follow-up interviews. Findings from the second phase of the study indicated the model was perceived to accurately implement design thinking based on individual mind set of employees.

 File Digital: 1

Shelf
 T53019-Irfan Ardiansyah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T53019
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 102 pages : illustration ; 30 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T53019 15-21-34535941 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20495415
Cover