Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Teknik intervensi nudge dengan pendekatan norm untuk meningkatkan perilaku membaca

Anhar Dana Putra, Dianti Endang Kusumawardhani, Erita Narhetali (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dan Ikatan Psikologi Sosial-HIMPSI, 2019)

 Abstrak

ABSTRACT
Penelitian ini merupakan penelitian terapan yang bertujuan untuk meningkatkan perilaku membaca pada remaja di Kabupaten Barru. Penelitian ini terbagi dalam dua tahap, yakni baseline study dan intervensi. Teori yang digunakan dalam baseline study adalah theory of planned behaviour. Berdasarkan hasil baseline study ditemukan bahwa faktor norma subjektif memiliki pengaruh yang paling signifikan terhadap intensi remaja untuk membaca buku (B= 0,247p<0,05). Sementara itu, intervensi menerapkan teknik intervensi nudgedengan pendekatan norma. Intervensi diuji dengan independent t test melalui metode eksperimen dengan rancangan post test only control group design dengan jumlah sampel sebanyak 32 orang. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa partisipan yang mendapatkan pesan visual nudge dengan pendekatan norm membaca lebih lama dibandingkan partisipan dalam kelompok kontrol.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 150 JPS 17:1 (2019)
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dan Ikatan Psikologi Sosial-HIMPSI, 2019
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 08533997
Majalah/Jurnal : Jurnal Psikologi Sosial
Volume : Vol. 17, No. 1, Februari 2019: Hal. 3-11
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
150 JPS 17:1 (2019) 03-19-551716597 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20495776
Cover