Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Relakah anda menunggu? menguji efek moderasi waktu tunggu pada fenomena zero price effect dalam keputusan membeli

Wada Anzilah, Erita Narhetali (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dan Ikatan Psikologi Sosial-HIMPSI, 2018)

 Abstrak

Ketika ditawarkan produk secara gratis konsumen cenderung rela mengorbankan waktunya untuk mendapatkan produk tersebut. Fenomena ini adalah manifestasi dari fenomena zero price effect, dimana konsumen menilai barang dengan nilai terlalu tinggi saat ditawarkan produk gratis. Apabila waktu tunggu memengaruhi perceived value dan keputusan membeli konsumen, maka waktu tunggu sebelum mendapatkan produk gratis, menyebabkan perceived value konsumen terhadap produk gratis akan semakin meningkat, membuat konsumen mengalami fenomena zero price effect, dan meningkatkan keputusan konsumen untuk membeli. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji efek moderasi waktu tunggu dalam keputusan membeli konsumen terhadap produk gratis yang ditawarkan. Penelitian eksperimental memiliki 2 (harga: gratis vs. diskon) × 2 (waktu tunggu: tidak ada waktu tunggu vs ada waktu tunggu) between subject desain faktorial. Partisipan (N 54) ditugaskan secara acak pada kelompok berbelanja produk diskon atau gratis kemudian diminta untuk memilih produk yang ingin mereka beli. Mereka kemudian segera diberikan produk atau diminta untuk menunggu sebelum mendapatkan barang yang mereka pesan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan dari keputusan membeli antara kelompok yang ditawarkan produk secara gratis dengan kelompok harga diskon, baik ketika mereka berada dalam situasi ada waktu tunggu atau tidak ada waktu tunggu.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 150 JPS 16:2 (2018)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dan Ikatan Psikologi Sosial-HIMPSI, 2018
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 08533997
Majalah/Jurnal : Jurnal Psikologi Sosial
Volume : Vol. 16, No. 2, Agustus 2018: Hal. 83-97
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik : https://www.researchgate.net/publication/330973739_Relakah_anda_menunggu_Menguji_efek_moderasi_waktu_tunggu_pada_fenomena_zero_price_effect_dalam_keputusan_membeli
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
150 JPS 16:2 (2018) 03-19-547699574 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20495793
Cover