ABSTRAKPenelitian ini melihat efek dari ekspektasi audiens terhadap kinerja individu saat mereka diawasi oleh audiens.
Individu yang menerima ekspektasi rendah dari audiens diperkirakan menunjukkan performa yang lebih baik
dari individu yang menerima ekspektasi tinggi dari audiens maupun dari individu yang melakukan tugas tanpa
kehadiran audiens. Selain itu, penelitian ini juga memprediksi bahwa partisipan yang melakukan tugas pada
kondisi sendirian akan menunjukan kinerja yang lebih baik dibandingkan partisipan yang diawasi oleh audiens
dengan ekspektasi tinggi. Untuk menguji hipotesa ini, 30 partisipan mengikuti eksperimen di mana mereka
diminta mengerjakan dua sesi tes anagram Bahasa Inggris. Dalam penelitian ini, kehadiran audiens digantikan
dengan keberadaan kamera video. Hasil penelitian ini mendukung sebagian dari hipotesis. Individu dalam
kondisi ekspektasi audiens yang rendah menunjukkan kinerja lebih baik daripada individu dalam kondisi sendiri.
Namun, tidak ada perbedaan kinerja yang berarti antara partisipan dalam kondisi ekspektasi rendah dan
ekspektasi tinggi, maupun antara partisipan dalam kondisi sendiri dan ekspektasi tinggi. Temuan penelitian ini
menunjukkan bahwa kehadiran audiens dapat mendorong seseorang untuk berkinerja lebih baik, dan adanya
tambahan ekspektasi yang rendah dari audiens dapat mendorong orang tersebut untuk melakukan tugas dengan
lebih unggul lagi.
ABSTRACTThe present study addresses the effect of audience expectation on individual performance while being observed
by an aware audience. It was proposed that individuals in low expectation condition will perform better than
those in high expectation and alone conditions. In addition, the current study hypothesised that participants in
alone condition would perform better than those in high expectation condition. To test the hypothesis, 30
participants participated in an experiment where they were asked to work on two rounds of anagram test. The
presence of an audience holding high and low expectation was replaced by the presence of a video camera. The
result partially supported the hypothesis. Individuals in the low expectation condition performed better than
those in alone condition. However, there was no significant difference between the low expectation and high
expectation conditions, and no difference between the alone and high expectation conditions. These findings
indicate that the presence of audience may push a person to perform better, and that an additional low
expectation from the audience may push them further to excellence.