UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Hidden figures: penindasan dan representasi perempuan kulit hitam di dunia yang didominasi pria = Hidden figures: oppression and representation of black women in a male dominated world / Ajeng Nova Safitri

Ajeng Nova Safitri; Harumi Manik Ayu Yamin, supervisor ([Publisher not identified] , 2019)

 Abstrak

ABSTRAK
Wanita Afrika-Amerika berjuang melawan diskriminasi dan telah dirugikan karena bahaya dari persimpangan gender dan ras. Namun, representasi mereka di media, terutama film, telah meningkat. Melalui film Hidden Figures (2016), penelitian ini menelaah representasi perempuan Afrika-Amerika dalam masyarakat yang didominasi kulit putih dengan menggunakan tekstual analisis. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa perempuan kulit putih dan perempuan kulit hitam berjuang dengan masalah mereka sendiri untuk mendapatkan pengakuan dari kaum mayoritas, yaitu laki-laki kulit putih. Selain itu, penelitian ini membahas bagaimana karakter laki-laki berkulit hitam juga berperan dalam dekonstruksi representasi ketiga pemeran utama wanitanya. Terlepas dari usaha film ini untuk menyajikan representasi wanita kulit hitam yang tidak seperti pada umumnya, pada akhirnya film ini menunjukkan bahwa beberapa representasi mereka ternyata tetap dibatasi dan dikendalikan.

ABSTRACT
African-American women fought oppression and have been at disadvantages due to the double jeopardy of the intersection of gender and race. Their representation in the popular mass media, especially movies, has increased. Through the movie Hidden Figures (2016), this research attempts to examine how the representation of African-American women in the white dominated society is being presented by using textual analysis. It shows that both white women and the Black women are struggling with their own issues to get an acknowledgement from the majority, the white male. Moreover, the deconstruction of the usual Black women representations are somehow negated by the Black male characters. Despite the fact that these characters do not conform to the mainstream Black womens stereotype, some of their representations are still being constrained and being controlled.

 File Digital: 1

Shelf
 MK- Ajeng Nova Safitri.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2019
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 119 pages : illustration ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-20-559735332 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20495997
Cover