UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Tindak tutur menasehati dalam buku Het Grote Carry Slee Voorleesboek karya Carry Slee = Advising speech act in Carry Slee's Het Grote Carry Slee Voorleesboek book

Amelia Windy Pratiwi; Christina Turut Suprihatin, supervisor; Andrea Pradsna Paramita Djarwo, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

Dalam buku bacaan anak, pertuturan berimplikasi menasihati banyak ditemukan.Salah satunya seperti pertuturan dalam buku Het GroteCarry SleeVoorleesboek(2010) karya Slee.Penelitian kualitatif ini menganalisis bentukmenasihati yang terdapat dalam pertuturan lokusioner, ilokusioner dan perlokusioner pada buku Het Grote Carry SleeVoorleesboekkarya Slee. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjabarkan caraSleemenasihati anakdengan mengidentifikasi tindak tuturlokusioner, ilokusionerdan perlokusioneryang terdapatdalam buku ini. Buku berupa kumpulan cerita ini adalah penghargaanuntuk Slee yangtelahberkarya lewat tulisannya selama 20 tahun. Dalam penelitianinidigunakan teori pertuturanAustin(1962), sementara untuk memperdalam ilokusi digunakan teori Searle(1975). Hasil penelitian menunjukkanbahwa Slee menggunakan jenis kalimat pernyataan dan kalimat bermakna implisit. Jenis nasihatyang dominanditemukan berbentuk petunjuk dengan harapanagarnasihatnya mudahdipahami dandipatuhi. Sleejugamenggunakan kalimat yangtidakmengguruiyang menyebabkanpembaca anak dapat lebih menikmaticeritanya.

In children's books, speech act thatimplicates advice is many to befound. Such asin Het Grote Carry Slee Voorleesboek(2010) written by Slee. This qualitative study analyzes the forms of advising related to locutionary, ilocutionary and perlocutionaryin Het Grote Carry Slee Voorleesboek. The purpose of this study is to describeSlee‟swaysof advising byusingthe locutionary, illocutionary and the perlocutionary perspective. This book is a collectionofselected storiesand isdedicatedforher 20 years of storywriting. This study used Austins theory of speech act (1962), while Searles theory (1975) was used to deepen illocutionary. The results show that Sleeused statement as the type of sentences and used sentences with implicit meanings. The type of advice Slee usedis in the form of hint, making the advice easy to understandan obey. Slee does not use patronizing tone and this makes her worken joyable to read.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Amelia Windy Pratiwi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : vi, 21 pages : illustration ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-22-97308609 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20496180
Cover
suryapro789
hrctoto
hrctoto
hrctoto
suryapro789
suryapro789
sabetslot
sabetslot
bongkar4d
bongkar4d
mikami88
https://smkpgrisatugianyar.sch.id/
sabetslot
bongkar4d
mikami88