ABSTRAKPenentuan lokasi merupakan keputusan strategis yang berkaitan dengan kelangsungan perusahaan. Pemilihan lokasi yang tepat terkait investasi jangka panjang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor yang harus dipertimbangkan dalam menentukan lokasi kantor cabang perusahaan jasa khususnya asuransi. Data yang digunakan merupakan data primer dri hasil pengisian kuesioner yang dikirimkan lewat email pribadi responden. Respoden dalam penelitian ini adalah kepala kantor cabang perintis jasa asuransi diesluruh wilayah Indonesia. Sample diambil secara purposive sampling sebanyak 131 respondens. Analisis faktor digunakan untuk mengetahui faktor pertimbangan penentuan lokasi yang terbentuk dari dimensi pemasaran dan dimensi operasional perusahaan. Analisis diskriptif digunakan untuk menganalisis faktor pertimbangan yang digunakan dalam penentuan lokasi.Dari dimensi pemasaran faktor yang harus dipertimbangkan dalam menentukan lokasi cabang baru adalah peluang pasar an kondisi ekonomi, sementara dari dimensi operasional faktor infrastruktur menjadi pertimbangan yag paling banyak digunakan.