Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Hubungan kadar interferon-gamma serum dengan derajat kepositifan sputum basil tahan asam pada tuberkulosis paru kasus baru

Andi Khomeini Takdir, Erwin Arief, Nur Ahmad Tabri, Arifin Seweng (Bidang Penelitian dan Pengembangan Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Pendahuluan:
Interferon gamma (IFN-γ) merupakan sitokin penting dalam upaya mengeliminasi M. tuberculosis. Kadar IFN-γ pada pasien tuberkulosis (TB) ditemukan meningkat dan akan mengalami penurunan setelah menjalani terapi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kadar IFN-γ serum dan derajat kepositifan sputum basil tahan asam (BTA).
Metode:
Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan metode rancangan potong lintang (cross sectional study). Penelitian dilakukan di RS. Wahidin Sudirohusodo dan RS. Labuang Baji Makassar mulai Juni 2013 sampai Maret 2014. Sampel dipilih dengan metode convenience accidental sampling. Sampel yang dianalisis berupa plasma penderita TB paru dan orang sehat di masyarakat yang diukur dengan teknik analisis Enzyme Linked Immunosorbent Assay (ELISA). Data yang diperoleh dianalisis dengan uji Mann-Whitney dan Kruskal-Wallis menggunakan SPSS for windows versi 17.0.
Hasil:
Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 88 subjek dengan 50 subjek TB paru dan 38 subjek kontrol. Berdasarkan pemeriksaan sputum BTA, ditemukan 4 (8%) subjek dengan BTA negatif, 7 (14%) subjek dengan 1 sampel BTA positif, 17 (34%) subjek dengan 2 sampel BTA positif, dan 22 (44%) subjek dengan 3 sampel BTA positif. Didapatkan kecenderungan peningkatan kadar IFN-γ seiring meningkatnya derajat kepositifan sputum BTA. Terdapat perbedaan bermakna kadar serum IFN-γ dengan derajat kepositifan sputum BTA pada pasien TB paru kasus baru.
Simpulan:
Kadar IFN-γ serum cenderung meningkat seiring dengan bertambahnya derajat kepositifan sputum BTA.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 610 JPDI 5:2 (2018)
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Jakarta: Bidang Penelitian dan Pengembangan Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2018
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 24068969
Majalah/Jurnal : Jurnal Penyakit Dalam Indonesia
Volume : Vol. 5 No.2, Juni 2018: Hal. 72-75
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume (rdacarier)
Akses Elektronik : http://jurnalpenyakitdalam.ui.ac.id/index.php/jpdi/article/view/173
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
610 JPDI 5:2 (2018) 03-19-177107296 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20497405
Cover