Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Perbedaan tingkat stres, cemas, dan depresi antara terapi efavirenz dengan nevirapine (studi penderita HIV/AIDS di poli VCT-CST RSUP Dr. Kariadi Semarang)

Muflihatunnaimah, Alifiati Fitrikasari, Muchlis Achsan Udji Sofro (Bidang Penelitian dan Pengembangan Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Pendahuluan:
Terapi Antiretroviral (ARV) terbukti bermanfaat untuk mengurangi kemunduran sistem imunitas penderita HIV/AIDS. Jenis terapi ARV yang diberikan adalah Efavirenz (EFV) dan Nevirapine (NVP) yang memiliki efek samping neuropsikiatri seperti stres, cemas, dan depresi. Studi ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan tingkat stres, cemas dan depresi antara terapi Duviral (Zidovudin dan Lamivudin) dan EFV dengan Duviral (Zidovudin dan Lamivudin) dan NVP pada penderita HIV/AIDS.
Metode:
Jenis penelitian yang digunakan berupa penelitian observasional dengan desain cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara consecutive sampling. Data penelitian didapatkan dari kuesioner data demografi dan DASS. Sampel yang digunakan adalah 130 pasien rawat jalan HIV/AIDS di poliklinik VCT-CST RSUP Dr. Kariadi Semarang.
Hasil:
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diketahui hasil uji beda rerata tingkat stres antara terapi EFV dengan terapi NVP dengan nilai p=0,048 (p<0,05). Tidak ada perbedaan tingkat cemas dan depresi antara terapi EFV dengan terapi NVP dengan nilai p=0,166 (p>0,05) dan nilai p=0,104 (p>0,05).
Simpulan:
Terdapat perbedaan bermakna tingkat stres antara terapi EFV dengan NVP, dan tidak ada perbedaan bermakna tingkat cemas dan depresi antara terapi EFV dengan terapi NVP pada penderita HIV/AIDS di RSUP Dr. Kariadi Semarang.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 610 JPDI 5:2 (2018)
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Jakarta: Bidang Penelitian dan Pengembangan Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2018
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 24068969
Majalah/Jurnal : Jurnal Penyakit Dalam Indonesia
Volume : Vol. 5 No.2, Juni 2018: Hal. 76-81
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume (rdacarier)
Akses Elektronik : http://jurnalpenyakitdalam.ui.ac.id/index.php/jpdi/article/view/177
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
610 JPDI 5:2 (2018) 03-19-766691075 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20497406
Cover