Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Perencanaan pembangunan lepas pantai: strategi pembangunan berkelanjutan di teluk Jakarta melalui pembangunan waduk lepas pantai

Angga Sukmara Christian Permadi, Chaikal Amrullah, Frieda Astrianty Hazet, Unika Merlin Sianturi, Abdul Malik Sadat Idris (Kementerian PPN/Bappenas, 2019)

 Abstrak

ABSTRAK
Permasalahan ibukota semakin hari semakin meningkat dimana permasalahan tersebut meliputi berbagai aspek, baik sosial, ekonomi maupun lingkungan. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dibutuhkan solusi yang tidak hanya mampu mengatasi masalah tetapi juga dapat mengembangkan potensi Jakarta. Selain itu, solusi penyelesaian tersebut harus mampu mendukung tercapainya pembangunan kota Jakarta yang berkelanjutan yang mengacu pada pencapaian target Sustainable Development Goals (SDGs) 2015 sampai 2030. Salah satu langkah yang diambil dari permasalahan tersebut adalah perencanaan pembangunan Waduk Lepas Pantai yang diusulkan sebagai solusi holistik dan berkelanjutan dari permasalahan yang dihadapi di Teluk Jakarta. Dalam Konsep Waduk Lepas Pantai direncanakan akan dibangun tanggul sepanjang 50,6 km pada kedalaman mencapai 20 m membentang dari Muara Sungai Cisadane (Provinsi Banten) sampai Muara Gembong (Provinsi Jawa Barat). Tanggul tersebut akan menciptakan sistem pertahanan banjir yang andal, kolam tampungan dan pengolah air baku, dan sekaligus pengembangan kawasan pesisir di Teluk Jakarta.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 330 BAP 2:2 (2019)
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Jakarta: Kementerian PPN/Bappenas, 2019
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 26206013
Majalah/Jurnal : Bappenas Working Papers
Volume : Vol. 2, No. 2, Mei 2019: hal. 158-175
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
330 BAP 2:2 (2019) 03-19-624123273 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20497448
Cover