UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Dampak kewirausahaan strategis terhadap kinerja perusahaan mapan di lingkungan yang dinamis = The impact of strategic entrepreneurship on the performance of established firm in dynamic environment / Arista Sony

Arista Sony; Avanti Fontana, supervisor; Sari Wahyuni, examiner; Elok Savitri Pusparini, examiner ([Publisher not identified] , 2019)

 Abstrak

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) sebagai perusahaan yang mapan menghadapi lingkungan yang dinamis ditunjukkan oleh keunggulan kompetitif degeneratif yang ada yang semata-mata bersandar pada keunggulan kompetitif yang ada tetapi kurang dalam mengeksplorasi peluang - tidak menyeimbangkan dalam perilaku mencari peluang dan perilaku mencari keuntungan. Perusahaan dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor eksternal dicerminkan oleh lingkungan yang dinamis dan kompetitif yang berubah dalam teknologi, ketidakpastian harga pasar, dan peraturan pemerintah daerah. Kepemimpinan dan budaya wirausaha sebagai faktor internal diperlukan untuk mendorong kemampuan mengeksplorasi peluang dan memanfaatkan peluang ini dalam lingkungan yang dinamis. Faktor lingkungan dan faktor internal adalah sebagai anteseden yang mempengaruhi bagaimana perusahaan mengelola sumber daya secara strategis untuk mempertahankan keunggulan kompetitif. Mengelola sumber daya secara strategis sebagai proses untuk menciptakan nilai-nilai dan keunggulan kompetitif yang membutuhkan proses penataan portofolio sumber daya, menggabungkan kemampuan dan meningkatkan kemampuan memenuhi harapan pelanggan yang saat ini tidak memuaskan diatur oleh perusahaan ini. Strategic Entrepreneurship (SE) dibangun oleh lingkungan yang dinamis dan kompetitif, budaya kewirausahaan, kepemimpinan kewirausahaan, dan mengelola sumber daya secara strategis sebagai sumber daya perusahaan yang seharusnya menciptakan nilai dan mempertahankan keunggulan kompetitif melalui kinerja inovasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh lingkungan yang dinamis dan kompetitif, budaya wirausaha dan kepemimpinan wirausaha terhadap orkestrasi sumber daya yang efektif yang berdampak pada kinerja inovasi perusahaan. Data akan dikumpulkan dengan menggunakan metode survei untuk semua manajer dari tingkat bisnis dan anak perusahaan, kemudian menggunakan analisis Structural Equation Model (SEM) dan metode Partial Least Square (PLS) untuk menguji hipotesis.

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) as established firm is facing dynamic environment indicated by degenerative existing competitive advantage which solely leans on existing competitive advantage but less in exploring opportunities–not balancing in opportunity seeking behaviors and advantage seeking behaviors. The firm is effected by internal and external factors. External factors is reflected by the dynamic and competitive environment which are changing in technology, market price uncertainty, and local government rules. Entrepreneurial leadership and culture as internal factors are required to promote capability to exploring opportunities and exploiting these opportunities in dynamic environment. Environment factors and internal factors are antecedents that effected on how the firm to manage resources strategically in order to sustain competitive advantage. Managing resources strategically as the process to create values and competitive advantage requiring the process of structuring the resources portfolio, bundling the capability and leverage the capability meet to expectation of customers which are currently not satisfy orchestrated by this firm. Strategic Entrepreneurship (SE) is constructed by dynamic and competitive environment, entrepreneurial culture, entrepreneurial leadership, and managing resources strategically as resources orchestration of the firm supposed to create values and sustaining competitive advantage via innovation performance. This research has objective to examining effects of dynamic and competitive environment, entrepreneurial culture and entrepreneurial leadership to effective resource orchestration which impact to firm’s innovation performance. The data will be collected by using survey method to all managers from business level and subsidiaries, then using Structural Equation Model (SEM) analysis and Partial Least Square (PLS) method to test the hypothesis.

 File Digital: 1

Shelf
 T52850-Arista Sony.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T52850
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2019
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 82 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T52850 15-21-383705800 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20497578
Cover