UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Strategi optimalisasi profitabilitas perusahaan penerbangan Low Cost Carrier = Strategy to Optimize Low Cost Airline Profitability

Iza Yuliza; Timotius, supervisor; Christina Juliana, examiner; Catur Sasongko, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang signifikan mempengaruhi penurunan profitabilitas PT XY selama tahun 2016-2017 dan memberikan rekomendasi untuk membantu perusahaan dapat memperbaiki dan mengoptimalkan kinerja keuangannya di tengah ketatnya persaingan industri penerbangan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus pada salah satu perusahaan penerbangan berbiaya rendah (LCC) di Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari data internal perusahaan berupa laporan kinerja keuangan dan kinerja operasional perusahaan, selain itu juga menggunakan data-data operasional industri yang diperoleh dari Departemen Perhubungan RI dan Badan Pusat Statistik.
Berdasarkan hasil penelitian, penuruanan profitabilitas perusahaan pada tahun 2016-2017 terutama dipengaruhi oleh pertumbuhan output yang rendah, perubahan harga input yang meningkat, tingkat keterisian pesawat yang belum optimal, serta faktor-faktor eksternal lainnya yang sangat mempengaruhi penurunan profitabilitas maskapai. Penelitian ini juga memberikan beberapa rekomendasi kepada perusahaan dalam upaya untuk meningkatkan pendapatan usahanya dan upaya terhadap efisiensi biaya perusahaan.

The objective of this research are to identify significant factors that affect company profitability for the year 2016 sd. 2017 and to give recommendations to support company performance in order to optimization and improvement in the middle of tight competition in airline industry. This research conducted using case study in one of Indonesian Low cost carrier airlines. The data obtained is from internal company data, particularly financial and operation performance report, besides there are also operational performance data obtained from Ministry of Transportations and Central Bureau of Statistic.
The result of this research indicate that decrement company profitability for the year 2016-2017 mainly affected by low output growth, increment of input price, load factor that has not reached optimal yet, and other external factors that significantly affect airline profitability. This research also gives recommendations for company in attempt to increase their operating revenues and cost efficiency program. 

 File Digital: 1

Shelf
 T-Iza Yuliza.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 67 pages : illustration ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-21-123448553 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20497594
Cover