Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Pengaruh story mapping terhadap hasil belajar membaca dan menulis dalam bahasa Inggris peserta didik SMP

Nurmala Dewi (LPPM Universitas Terbuka, 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh story mapping terhadap peningkatan hasil belajar membaca dan menulis peserta didik SMP, dengan desain penelitian yang termasuk kedalam penelitian semu (quasi experiment). Untuk mengukur apakah ada pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik antara kelas yang diajarkan dengan teknik story mapping dan kelas yang tidak diajarkan dengan teknik tersebut. Data penelitian dianalisis menggunakan pengujian N-gain (Normalized Gain), dan uji hipotesis menggunakan uji t (t-test). Hasil N-gain yang diperoleh menunjukkan bahwa perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen dengan teknik story mapping efektif dalam meningkatkan hasil belajar membaca dan menulis dengan ukuran efek (effect size) pada klasifikasi yang tinggi. Sementara hasil t-test yang diperoleh terhadap hasil belajar membaca dan menulis adalah t-hitung > t-tabel. Sesuai dengan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yang berarti H0 ditolak, hal ini mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar membaca dan hasil belajar menulis peserta didik pada kelas eksperimen yang diterapkan teknik story mapping,yang lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik di kelas kontrol tanpa menggunakan teknik tersebut.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 370 JPE 19:2 (2018)
Entri utama-Nama orang :
Penerbitan : Tangerang: LPPM Universitas Terbuka, 2018
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 14111942
Majalah/Jurnal : Jurnal Pendidikan
Volume : Vol. 19, No. 2, September 2018: Hal. 104-116
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik : http://jurnal.ut.ac.id/index.php/JP/article/view/776
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
370 JPE 19:2 (2018) 03-19-819084130 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20497652
Cover