Pengendalian internal yang baik dapat memberikan keyakinan bahwa suatu organisasi dapat mencapai tujuannya dengan tindakan yang beretika. Fenomena yang terjadi saat ini memperlihatkan bahwa budaya organisasi merupakan faktor utama penyebab timbulnya skandal besar yang menimpa suatu organisasi yang dapat menghalangi organisasi mencapai tujuannya. Risiko pada budaya terjadi ketika perilaku anggota organisasi tidak sejalan dengan perilaku yang ingin ditanamkan oleh organisasi sehingga menyebabkan timbul perilaku tidak etis yang dapat menghambat pencapaian tujuan dan mempengaruhi pengendalian internal organisasi. Salah satu elemen dari risiko budaya yaitu peran pimpinan (tone from the top) yang berperan terhadap terbentuknya suatu budaya di dalam unit organisasi.
Penelitian ini dilakukan untuk menilai bagaimana peran pemimpin dalam membentuk budaya organisasi dapat memberikan dampak pada pengendalian internal yang ada di organisasi. Penelitian dilakukan dengan melakukan survei OCAI dan wawancara untuk dapat menjawab tujuan tersebut. Karakter dan gaya kepemimpinan dari pimpinan turut serta membentuk budaya di dalam organisasi yang ternyata disesuaikan dengan kebutuhan dari organisasi. Budaya organisasi yang terbentuk tersebut ternyata ikut berperan dalam bagaimana implementasi pengendalian internal di dalam unit organisasi.
ABSTRACTGood internal control can provide confidence that an organization can achieve its goals with ethical actions. The phenomenon that occurs at this time shows that organizational culture is the main factor causing the emergence of massive scandals that afflict an organization that can prevent the organization from achieving its objectives. Risk in culture occurs when the behavior of members of an organization is not in line with the behavior that the organization wants to instill, causing unethical behavior that can hinder the achievement of goals and influence internal control of the organization. One element of risk culture is the role of the leader (tone from the top), which plays a role in the formation of a culture within the organizational unit.
This research was conducted to assess how the role of leaders in shaping organizational culture can have an impact on internal controls in the organization. The study was conducted by conducting OCAI surveys and interviews to be able to answer these objectives. The character and leadership style of the leadership also shapes the culture in the organization, which turns out is based on the needs of the organization. The organizational culture that was formed turned out to play a role in how the implementation of internal controls within organizational units.