UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Kejadian Tuberkulosis pada Kontak Serumah dengan Kasus Indeks Tuberkulosis-Diabetes Melitus dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi = Investigation of Active Tuberculosis among Household Contacts Who Have Tuberculosis-Diabetes Mellitus Index and Factors Associated

Nadira Fildza Amanda; Raden Rara Diah Handayani, supervisor; Raden Rara Diah Handayani, examiner; Elisna Syahruddin, examiner (Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia , 2019)

 Abstrak

ABSTRAK
Latar Belakang:Tuberkulosis dan diabetes melitus merupakan penyakit dengan proporsi yang tinggi di Indonesia dan keduanya memainkan perankomorbid satu sama lain. Penularan TB pada kontak serumah yang memiliki indeks DM belum pernah diketahui.Tujuan:Mengetahui angka kejadian TB pada kontak serumah dengan kasus indeks TB-DM dan faktor-faktor yang mempengaruhi.Metode: Penelitian ini dilakukan dengan metode cross-sectional pada kontak serumah pasien TB yang berobat di Puskesmas Ciracas, Jakarta Timur selama bulan Agustus-September 2019. Riwayat dan kontrol DM didata dari subjek penelitianSetelah penelusuran rumah dilakukan, kontak yang berisiko dan bergejala menjalani pemeriksaan foto toraks. Etik penelitian didapatkan dari Komite Etik FKUI dan perizinan dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta.Hasil: Terdapat 108 kontak serumah yang memiliki median usia 24,86 tahun, rasio perempuan dan laki-laki 1:1 yaitu 54 kontak, IMT kontak dewasa berlebih (29,6%) dan IMT anak didominasi kurus (26,9%), sedangkan riwayat DM ditemukan pada 4 kontak (3,7%). Indeks TB DM sebanyak 11 pasien (33,33%) memiliki 37 kontak serumah. Kontak serumah dengan kasus indeks TB DM yang mengalami tuberkulosis adalah 1 orang (2,7%).Kesimpulan: Kejadian TB aktif pada kontak serumah dengan indeks TB-DM sebesar 2,7%.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Nadira Fildza Amanda.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia , 2019
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 43 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-89122390 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20498566
Cover