UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Iklan panda Koran Bataviaasch Nieuwsblad : Cerminan Gaya Hidup Masyarakat Batavia 1900-1930 = Advertisements in Bataviaasch Nieuwsblad Newspaper Reflection to the Lifestyle of the People of Batavia 1900 - 1930

Widiya Setiawati; Didik Pradjoko, supervisor; Siswantari, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

ABSTRAK
Skripsi ini membahas Iklan Pada Koran Bataviaasch Niuewsblad : Cerminan Gaya Hidup Masyarakat Batavia 1900-1930. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa jenis visual iklan yang menggambarkan gaya hidup masyarakat Batavia pada tahun 1900-1930. Data penelitian ini menggunakan sumber primer yaitu koran Bataviaasch Nieuwsblad 1900-1930 yang didapat dari server koran di Belanda yaitu www.delpher.nl dan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, selain itu penulis juga menggunakan sumber sekunder dari buku-buku yang menjelaskan tentang kehidupan sosial ekonomi masyarakat Batavia dan perkembangan surat kabar serta periklanan pada tahun 1900-1930. Iklan adalah media yang dapat menggambarkan dan mengungkap sebuah peristiwa sejarah melalui pengamatan pada bentuk visualnya. Iklan merupakan isi dari sebuah surat kabar. Surat kabar yang besar dan berpengaruh di Batavia pada saat itu adalah koran berbahasa Belanda yaitu Bataviaasch Nieuwsblad yang memiliki pelanggan masyarakat Eropa dan elit pribumi yang menggunakan Bahasa Belanda. Iklan-iklan pada skoran Bataviaasch Niuewsblad mencerminkan bagaimana gaya hidup masyrakat batavia pada tahun 1900-1930 dengan beredarnya produk-produk industri dari mancanegara.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Widiya Setiawati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 83 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-96508865 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20498614
Cover