UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Peran efikasi diri keputusan karier dalam memediasi pengaruh gaya atribusi terhadap eksplorasi karier siswa kelas 12 sekolah menengah kejuruan = The mediating role of career decision self-efficacy in the effect of attributional style on career exploration of grade 12th of vocational students / Nur Aisyah Rumalutur

Nur Aisyah Rumalutur; Rose Mini Agoes Salim, supervisor; Eva Septiana Barlianto, examiner; Farida Kurniawati, examiner ([Publisher not identified] , 2019)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah efikasi diri keputusan karier memediasi
pengaruh gaya atribusi terhadap eksplorasi karier siswa kelas 12 Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK). Sebanyak 862 responden siswa kelas 12 SMK terlibat dalam
penelitian ini. Responden mengisi kuesioner CES untuk mengukur eksplorasi karier,
AACDM untuk mengukur gaya atribusi, dan CDSES-SF untuk mengukur efikasi diri
keputusan karier. Data penelitian dianalisis menggunakan PROCESS dari Hayes pada
SPSS untuk melihat model mediasi yang diajukan. Hasil analisis data mendukung
model mediasi yang diajukan bahwa efikasi diri keputusan karier memediasi pengaruh
gaya atribusi terhadap eksplorasi karier siswa kelas 12 SMK. Responden yang
menerapkan gaya atribusi optimis memiliki efikasi diri keputusan karier yang tinggi
sehingga sering melakukan eksplorasi karier. Hasil penelitian juga menunjukkan gaya
atribusi dapat secara langsung memengaruhi eksplorasi karir siswa kelas 12 SMK. Hasil
penelitian memberikan implikasi secara teoritis bagi penelitian selanjutnya dan secara
praktis dalam konseling serta intervensi terhadap siswa kelas 12 SMK. Hasil penelitian
secara detail dan keterbatasan penelitian dibahas lebih lanjut dalam laporan tesis.

ABSTRACT
The current research examined mediation effect of career decision self-efficacy on the
effects of attributional style on career exploration behavior of 12 grade of vocational
students. A total of 862 respondents of 12 grade of vocational students were involved
in the research. Respondents filled out the CES questionnaire for career exploration,
AACDM for attributional style, and CDSES-SF for career decision self-efficacy.
Research data were analyzed using PROCESS from Hayes on SPSS to examined the
mediation model. The results supported the mediation model that career decision selfefficacy
mediate the effects of attributional style on career exploration of 12 grade of
vocational students. Respondents who applied optimistic attributional style have high
career decision self-efficacy, in turn affect their engagement in career exploration. The
results also showed that attributional style can directly have an effect on career
exploration of 12 grade of vocational students. The results have theoretical and
practical implications for further research, counseling and intervention programme
towards 12 grade of vocational students. Others research findings and limitations are
further discussed in the research report.

 File Digital: 1

Shelf
 T55220-Nur Aisyah Rumalutur.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T55220
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2019
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resources
Deskripsi Fisik : xi, 82 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T55220 15-20-633631057 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20499229
Cover