UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Making dalam Proses Perakitan Gunpla: Studi Kasus Modeler di Build Gunpla Club = Making in Assembly Process Gunpla: Case Study of Modeler from Build Gunpla Club

Muhammad Ari Bagaskara; Lumenta, Dave, supervisor; Febrian, examiner; Imam Ardhianto, examiner (Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Melakukan hobi pada waktu luang yang dimiliki merupakan sebuah bentuk dari leisure untuk mendapatkan kepuasan tersendiri di luar pekerjaan utama yang dilakukan seseorang. Mainan dapat menjadi medium untuk melakukan hobi, seperti mainan model kit. Modeler merupakan sebutan bagi penghobi yang melakukan proses perakit mainan model kit­-nya, salah satunya gunpla. Gunpla termasuk sebagai mainan model kit yang membutuhkan proses perakitan terlebih dahulu sebelum mendapatkan figure gunpla. Hal tersebut dapat menyalurkan waktu luang yang dimiliki modeler. Gunpla sebenarnya merupakan produk mainan yang hylomorphic, ide perakitan sudah disajikan dalam bentuk part untuk merakit dan buku panduan merakit ketika seseorang membeli satu dus gunpla, modeler hanya tinggal mengikuti panduannya saja. Namun, modeler dapat menentang sudut pandang hylomorphic dengan melakukan proses perakitan yang tidak sesuai dengan ide awal perakitan yang disajikan dalam buku panduan merakit gunpla. Berinteraksinya self dan others, modeler dengan material perakitan dan lingkungan sosialnya membentuk pengalaman modeler ketika sedang merakit gunpla sehingga dia dapat keluar dari pandangan hylomorphic. Kreativitas muncul sebagai hasl berinteraksinya self (modeler) dan others (material perakitan dan lingkungan sosialnya). Zaku challenge yang dilakukan modeler anggota Build Gunpla Club dapat menjadi gambaran proses perakitan gunpla dapat menentang sudut pandang hylomorphic dan munculnya kreativitas hasil interaksi self dan other, modeler dengan material perakitan dan lingkungan sosialnya.

Doing a hobby in a free time is a form of leisure to get his own satisfaction outside from his main work. Toys can be a medium for hobbies, such as toys model kit. A modeler, the hobbyist who carries out the process of assembling his own model kit, one of which is gunpla. Gunpla is a toys model kit that includes the assembly process to get figure of gundam. This hobby can conduct the modeler's free time. In fact, gunpla is a hylomorphic toy product, the idea assembly has been presented in the form of parts and guide book to assembly when someone buys a gunpla, the modeler only needs to follow that guide book. However, the modeler can challenge the hylomorphic point of view by make the assembly different from the guide book that are based on the modeler's experience. Interaction with self and others, the modeler with assembly material and socio-cultural, shapes the modeler experience while assembling the gunpla to get out from the hylomorphic point of view. Creativity emerges as a result of interaction with self and others. The Zaku challenge made by the Build Gunpla Club could illustrate the gunpla assembly process to oppose the hylomorphic point of view and emergence of creativity as a result of self and other interaction, the modeler with assembly material and its socio-cultural.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Muhammad Ari Bagaskara.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xix, 89 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-69448489 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20499388
Cover