UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Restorasi dan Digitalisasi Aparatus Laboratory Water Hammer = Restoration and Digitalization of Water Hammer Laboratory Apparatus

Rendy Harsa Rizal; Ridho Irwansyah, supervisor; Budiarso, examiner; Warjito, examiner; Muhammad Arif Budiyanto, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

Fenomena water hammer terjadi saat sebuah cairan yang mengalir di dalam sebuah pipa mengalami perubahan momentum secara hentak yang biasanya diakibatkan karena penutupan katup secara cepat. Pada saat ini energi kinetic yang dimiliki aliran tersebut akan diubah menjadi tekanan yang melebihi apa yang ditemukan pada kondisi operasi normal, dan dapat merukan sistem pipa. Hal ini sangat sering terjadi di skala industri maupun skala perumahan, maka dari itu penting bagi murid untuk mempelajarinya. Untuk skripsi ini kita mempelajari fenomena water hammer dengan memvariasikan kecepatan penutupan katup dengan harapan untuk mempelajari fenomena tersebut lebih dalam dan melihat apakah ada dampak dari hal ini. Variasi yang disebut adalah membagi penutupan katup menjadi instan dan perlahan kepada aliran yang mengalir dari sebuah tangki konstan. Tekanan direkam oleh dua sensor yang diletakkan di titik berbeda sepanjang pipa. Masing-masing percobaan dilakukan lima kali. Hasil menunjukkan perbedaan yang cukup signifikan antara kedua percobaan. Penutupan kantuk secara instan menghasilkan tekanan yang jauh melebihi yang seharusnya ada di saat kondisi operasi normal. Sedangkan penutupan katup secara perlahan sama sekali tidak melewati tekanan yang ada di kondisi operasi normal.

he water hammer phenomenon occurs when a fluid flow inside a pipeline experiences an abrupt change in momentum usually due to sudden valve closure. In that instance the kinetic energy of the fluid flow is converted into pressure which exceeds pressure found in normal operating conditions and could cause damages in the pipeline. This phenomenon is common in both industrial and household scale, and therefore important for students to learn and familiarize. For this thesis, we are studying the water hammer phenomenon with a varying rate of valve closing in hopes to further understand and see the effects of this change in variable. It is done by varying the rate of valve closing to instantaneous and gradual to a fluid which flows from a constant head tank. The pressure is recorded by installing two pressure transducers along a pipeline (to record the pressure readings). Each experiment is done five times. The result is a noticeable difference in pressure readings. The instantaneous valve closing resulted in a pressure which exceeds normal operating conditions, meanwhile gradual valve closing did not exceed normal operating pressure at any time.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Rendy Harsa Rizal.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 51 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-98249126 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20499417
Cover