Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimental yang bertujuan untuk menguji pengaruh informasi terhadap bias zero-sum pada sumber daya tangible dan intangible. Penelitian ini menggunakan desain between subject posttest only. DV dari penelitian ini adalah bias zero-sum. IV (informasi) dimanipulasi dengan cara induksi teks. Kelompok eksperimen diberikan teks berisi informasi untuk menurunkan bias zero-sum, sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan teks apa pun. Moderator pada penelitan ini adalah persepsi sumber daya yang terbagi menjadi dua, yakni tangible dan intangible. Sebanyak 124 partisipan direkrut melalui media sosial Line dan WhatsApp. Hasil cek manipulasi menunjukkan bahwa manipulasi berhasil namun hasil analisis uji beda tidak membuktikan adanya pengaruh informasi dan jenis sumber daya terhadap bias zero-sum. Melalui analisis independent sample t test ditunjukkan hasil bahwa terdapat perbedaan pengambilan keputusan yang mungkin mempengaruhi bias zero-sum, yaitu pengambilan keputusan dependent.
This study is a quantitative study with an experimental design with the purpose of testing the effect of information to zero-sum bias in tangible and intangible resources. This study uses a between-subject posttest only design. The dependent variable of this study is zero-sum bias. The Independent variable (information) is manipulated by text induction. The experiment group is given a text containing information to reduce zero-sum bias, meanwhile the control group is not given any text. The moderator variable in this study is the perception of resources that is divided into tangible and intangible resources. As many as 124 participants were recruited by the Line and WhatsApp social media. The result of manipulation check shows that the manipulation succeded. However, the results independent samples t test does not prove any effect of information and perception of resources. Through the further analysis, it was shown the result that there might be a difference in decision making that might influence zero-sum bias, which is the dependent decision making variable.