UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan antara Obesitas pada Anak dan Pencapaian Akademis Anak = Relationship Between Childhood Obesity and Child's Academic Achievement

Daniel Christovery Darmaputra; Rini Sekartini, supervisor; Martina W. Nasrun, examiner (Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2018)

 Abstrak

Latar Belakang. Obesitas pada anak merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat
yang paling serius di abad ke 21 ini. Masalah ini bersifat global dan terus mempengaruhi
banyak negara baik negara dengan pendapatan rendah dan negara dengan pendapatan
menengah, terutama di daerah perkotaan termasuk di Indonesia. Banyak faktor yang
mempengaruhi obesitas pada anak termasuk keturunan, perilaku gerak pasif dan berkurangnya
aktivitas fisik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor resiko, persebaran dan
hubungan antara obesitas dengan nilai akademis. Metode. Penelitian ini dilakukan dengan
penelition potong lintang yang mengikutsertakan murid sekolah dasar di sekolah negri di
Jakarta. Berat badan dan tinggi subjek diukur. Indeks masa tubuh dari masing masing subjek
diukur menggunakan kurva indeks masa tubuh-untuk-usia dari CDC. Subjek diklasifikasi
kedalam tiga kategori; berat badan kurang, berat badan normal dan obesitas. Hasil.
Diantaranya, 59 subjek dari 279 subjek termaasuk dalam kategori obesitas. Hubungan antara
nilai akademik dengan kelas (p=0.000) dan jenis kelamin (p =0.021) berkaitan secara
signifikan. Hubungan antara obesitas pada anak (p = 0.512) dengan nilai akademik ditemukan
tidak signifikan. Kesimpulan. Prevalensi dari obesitas pada anak didalam penelitian ini adalah
21.1%. Variabel yang berhubungan secara signifikan dengan nilai akademik adalah kelas dan
jenis kelamin. Hubungan nilai akademik dengan obesitas pada anak tidak signifikan

Background. Childhood obesity is one of the most serious public health challenges of the 21st
century. The problem is global and is steadily affecting many low- and middle-income
countries, particularly in urban settings including in Indonesia. There are several risks of
childhood obesity including genetic, parent restriction, sedentary behaviour and decreased
physical activity. This study is aimed to know the risk factor, epidemiology and relation
between obesity with academic achievement. Methods. This study is conducted using crosssectional
study comprised of primary school student in a public school in Jakarta. Subjects
body weight and body height were measure. BMI of each subject were measure using BMIfor-
age curve from CDC. The subjects were classified into three weight status categories;
underweight, normal weight and obese. Results. Among which, 59 subjects from 279 subjects
found to be obese. In relationship with academic scores, grade (p = 0.000) and gender (p =
0.021) were found to be significant. Relationship between childhood obesity (p = 0.512) with
academic score were insignificant. Conclusion. Prevalence of obese in this study is 21.1%.
Variables significantly associated with academic score were grade and gender. Childhood
obesity was insignificantly associated with academic score

 File Digital: 1

Shelf
 S-Daniel Christovery Darmaputra.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2018
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource (rdacarries)
Deskripsi Fisik : x, 28 pages: illustration; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-21-616544823 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20500308
Cover