UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis Adopsi Inovasi Antar Jemput Izin Bermotor pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta (Studi pada Dimensi Lingkungan dan Organisasi) = Analysis of Adoption Innovation Motorcycle Pick up Service (Ajib) Jakarta Investment and Integrated One Stop Service.

Dani Setiarini; Achmad Lutfi, supervisor; Salomo, Roy Valiant, examiner; Novita Ikasari, examiner ([Publisher not identified] , 2020)

 Abstrak

ABSTRAK
Perkembangan teknologi serta masyarakat yang semakin kompleks, telah menciptakan
permintaan akan layanan publik yang lebih baik. Pemecahan masalah layanan publik
tidak bisa lagi menggunakan metode lama dan cara yang biasa. Organisasi sektor publik
dalam hal ini Pemerintah, dituntut mencari solusi kreatif dengan memaksimalkan sumber
dayanya dan ini dilakukan melalui inovasi. Fenomena munculnya berbagai inovasi di
sektor publik memberi warna baru dalam implementasi layanan publik. Kehadiran
layanan antar jemput izin bermotor (AJIB) dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan
Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta merupakan terobosan inovasi sebagai upaya
untuk meningkatkan kualitas layanan, memudahkan masyarakat untuk memangkas waktu
dan biaya dalam proses pengurusan perizinan, sekaligus untuk menghilangkan praktik
perantara/calo perizinan. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya, tingkat adopsi masyarakat
terhadap inovasi layanan Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB) ini masih rendah. Dengan
menggunakan pendekatan penelitian post positivis dan metode pengumpulan data
kualitatif, penelitian ini menjawab faktor faktor apa yang mempengaruhi adopsi inovasi
layanan antar jemput bermotor (AJIB) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu
Satu Pintu pada dimensi lingkungan dan organisasi. Pisau analisis menggunakan analisis
faktor yang mempengaruhi adopsi inovasi, yang dikemukakan oleh De Vries, et.al (2018)
spesifik pada dimensi lingkungan dan organisasi. Dari hasil penelitian terdapat beberapa
faktor yang mempengaruhi rendahnya adopsi inovasi AJIB dari dimensi lingkungan dan
organisasi yaitu tidak dilibatnya stake holders lain seperti masyarakat dan pihak swasta
dalam proses pembuatan AJIB, munculnya regulasi terkait penerapan e government
dalam proses perizinan, kurangnya pelatihan bagi petugas AJIB, serta sulitnya akses
pemesanan AJIB melalui aplikasi AJIB pada playstore oleh masyarakat.

ABSTRACT
The development of technology and an increasingly complex society, has created a
demand for better public services. In order to solve problems related to public services,
innovation and unconventional method needed. The government required to find creative
solutions by maximizing its resources and this is done through innovation. The
phenomenon of the emergence of various innovations in the public sector gives a new
color in the implementation of public services. The presence of a motorized permit pickup
service (AJIB) from the Capital Investment and Integrated Services Office of the DKI
Jakarta Province is a breakthrough innovation as an effort to improve service quality.
AJIB purpose is to make it easier for the public to cut time and costs in the licensing
process, as well as to eliminate the practice of intermediaries / brokers licensing.
However, in its implementation, the level of public adoption of the innovation of the
Motorized Vehicle Shuttle Service (AJIB) is still low. By using a post positivist research
approach and qualitative data collection methods, this study answers what factors
influence the adoption of motorized shuttle service innovation (AJIB) of the One Stop
Investment and Integrated Services Office on environmental and organizational
dimensions. Analysis using factor that influences the adoption of innovations by De
Vries, et.al (2018) spesifically on environtmental and organization dimension. From the
results of the study, there are several factors that influence the low adoption of AJIB
innovations in the environmental and organizational dimensions, which is no involvement
of other stakeholders such as the public and private parties in the process of making AJIB,
the emergence of regulations related to the implementation of e-government in the
licensing process, lack of training for AJIB officers, and the difficulty of accessing AJIB
reservations through the AJIB application on the public playstore.

 File Digital: 1

Shelf
 T54901-Dani Setiarini.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T54901
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2020
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resources
Deskripsi Fisik : xiii, 108 pages : illustration ; 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T54901 15-20-316977201 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20500841
Cover