UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Identifikasi jebakan kemiskinan di Indonesia: pendekatan basis aset = Identifying poverty trap in Indonesia: asset based approach

Alkindi; Hera Susanti, supervisor; Chaikal Nuryakin, examiner; Jossy Prananta Moeis, examiner (Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberadaan jebakan kemiskinan di Indonesia melalui pendekatan indeks aset yang diperkenalkan oleh Adato et al. (2006) dengan menggunakan data longitunal IFLS untuk tahun 2007 dan tahun 2014. Analisis dilakukan dengan mengidentifikasi adanya single dan multiple equilibrium dari akumulasi indeks aset yang di bawah garis kemiskinan sehingga adanya jebakan bisa diketahui. Selain itu juga dianalisis keberadaan jebakan pendidikan rendah dan jebakan kekurangan nutrisi yang juga mempengaruhi jebakan kemiskinan. Analisis menunjukkan bahwa dalam periode 7 tahun tersebut tidak terdapat jebakan kemiskinan di Indonesia. Di seluruh pulau hanya terdapat single equilibrium yang cukup tinggi (berkisar 2 hingga 3 kali garis kemiskinan) sehingga diperkirakan penduduk miskin Indonesia akan mengakumulasi aset seiring waktu dan bisa melepaskan diri dari kemiskinan. Analisis juga menemukan adanya jebakan pendidikan rendah dan jebakan kekurangan nutrisi namun dalam persentase yang cukup kecil.

This study aims to analyze the existence of poverty traps in Indonesia through the asset index approach introduced by Adato et al. (2006) using IFLS longitudinal data for 2007 and 2014. The analysis was carried out by identifying the presence of single and multiple equilibrium from the accumulation of asset index below the poverty line so that the traps can be identified. It also analyzed the existence of low education traps (illiteracy trap) and nutrient deficiency traps (undernutrition trap) which also can affect poverty traps. Analysis shows that in the 7-year period there were no poverty traps in Indonesia. In all islands there is only a single equilibrium which is quite high (around 2 to 3 times the poverty line) so that it is estimated that Indonesia's poor will accumulate assets over time and escape from poverty. The analysis also found illiteracy trap and undernutrition trap but in a relatively small percentage.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Alkindi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2020
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : viii, 66 pages ; illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-27344530 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20500863
Cover