UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh Waktu Pemberian Senyawa Murni Butil Galat Terhadap Replikasi Virus Dengue Serotype 2 Secara In Vitro dan In Silico = Influence of Butyl Gallate Substrates Giving Time to Dengue Virus Serotype 2s Replication by In Vitro and In Silico Method

Haifa Mayang Lestari; Beti Ernawati Dewi, supervisor; Tjahjani Mirawati Sudiro, examiner (Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

ABSTRAK
Pendahuluan: Infeksi Virus Dengue (DENV) yang dibawa oleh vektor nyamuk Aedes sp. Nyamuk ini bertanggungjawab atas 1,14 juta disability-adjusted life-years (DALY) pada tahun 2013 dengan angka insidensi 50-100 juta setiap tahunnya, namun belum ada tatalaksana kausatif yang teruji secara klinis dengan hasil bermakna. Telah diketahui bahwa terdapat hubungan antara viremia dengan keparahan manifestasi DENV sehingga perlu dikembangkan antivirus DENV. Turunan asam galat yaitu butil galat mempunyai aktivitas antivirus dan tidak bersifat toksik akan tetapi mekanisme bagaimana senyawa tersebut menghambat replikasi DENV belum diketahui. Metode: Uji in vitro dilakukan dengan memberi butil galat pada sebelum dan juga setelah DENV menginfeksi sel. Uji fokus digunakan untuk mengetahui penurunan titer virus setelah diberi perlakuan, sedangkan uji MTT digunakan untuk mengetahui efek toksik dari butil galat. Pada Uji in silico, ikatan Energi didapatkan melalui apllikasi Autodock Tools sehingga dapat ditentukan konformasi ikatan antara butil galat dengan NS-3 dan NS-5. Hasil: Persentase efektivitas hambat butil galat sesudah infeksi DENV adalah 67,4% sedangkan perlakuan sebelum-sesudah infeksi DENV adalah 41,1%. Persentase viabilitas butil galat sesudah dan pada sebelum-sesudah infeksi DENV adalah 99,8% dan 95,9% secara berurutan. Konformasi terbaik ligan internal SAH dan NS-5 memiliki ikatan energi -6,84 kkal/mold dan konstanta inhibisi 9,68 mM. Konformasi terbaik butil galat dan NS-5 memiliki ikatan energi -5,28 kkal/mold dan konstanta inhibisi 134,08 mM. Konformasi terbaik butil galat dan NS-3 memiliki ikatan energi -2,11 kkal/mold dan konstanta inhibisi 28,42 mM Kesimpulan: Butil galat memiliki aktivitas hambat yang baik dengan toksisitas yang rendah pada mekanisme post dan pre-post infeksi. Sedangkan energi ikatan yang terjadi antara butil galat dengan NS-3 dan NS-5 yaitu -2,11 kkal/mold dan -5,28 kkal/mold. Butil galat memiliki potensi sebagai antivirus DENV dimasa mendatang.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Haifa Mayang Lestari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2019
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : v, 46 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-72795415 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20501939
Cover