UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengaruh jumlah jam kerja ibu pada perilaku pemberian ASI = The effect of mothers workhours on breastfeeding behavior

Lutfiana Hartanti; Dwini Handayani, supervisor; Muhammad Hanri, examiner; Prani Sastiono, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh jumlah jam kerja ibu pada perilaku pemberian asi. Penelitian ini berkontribusi melalui penggunaan variabel jumlah jam kerja yang selama ini masih terbatas. Jumlah jam kerja penting untuk diperhatikan karena alokasi waktu yang dimiliki ibu untuk mengurus rumah tangga termasuk menyusui anak adalah sisa waktu yang dimiliki setelah bekerja. Unit analisis dalam penelitian ini adalah bayi berumur 6-23 bulan sebanyak 26066 baik yang ibunya bekerja maupun tidak bekerja dari Susenas 2017 akan diuji menggunakan regresi logistik multinomial. Hasil yang didapatkan adalah terbukti ibu yang memiliki jumlah jam kerja lebih tinggi memiliki peluang lebih kecil untuk menyusui eksklusif maupun tidak eksklusif dibanding tidak menyusui.

This study aims to test the effect of mothers workhours on breastfeeding behavior. This research provides a theoretical contribution concerning the impact of mothers work hours, which is still relatively limited at present. It is essential to pay attention to work hours because it significantly affects time allocation for breastfeeding and homemaking. This study used 26066 mother-baby dyadic data from Susenas 2017. The data were analyzed using multinomial logistic regression. This study found that longer work hours resulted in a lower probability of exclusive or any breastfeeding.

 File Digital: 1

Shelf
 T54753-Lutfiana Hartanti.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T54753
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 34 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T54753 15-21-595389887 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20502129
Cover