ABSTRAKButir kegiatan pustakawan yang termasuk kegiatan unsur utama, namun tidak termasuk tugas pokok dari
pustakawan adalah pembuatan karya tulis/ karya ilmiah di bidang kepustakawanan. Kegiatan ini
dikelompokkan ke dalam unsur pengembangan profesi. Angka kredit untuk kegiatan ini cukup besar,
terutama bila dibandingkan dengan pelaksanaan kegiatan teknis perpustakaan lainnya. Oleh karena itu,
banyak pustakawan yang mengejar kekurangan angka kredit dari kegiatan tersebut. Sayangnya, banyak
pustakawan yang tidak hati-hati dalam menulis, atau mungkin juga memang sengaja melakukan hal yang
tidak terpuji, sehingga karya tulis yang dihasilkan banyak mengandung dugaan plagiarisme. Kajian ini
mencoba memotret karya tulis pustakawan yang diusulkan kepada Tim Penilai Tingkat Pusat di
Perpustakaan Nasional. Kajian dilakukan terhadap 129 judul karya tulis yang diajukan oleh 16 pustakawan
selama Bulan Januari - Mei 2019. Sampel diambil menggunakan teknik non probability sampling yaitu
ditarik secara incidental sampling. Seluruh karya tulis diperiksa menggunakan aplikasi Turnitin dan dicatat
tingkat kemiripannya dengan artikel lain yang ada di dunia maya. Tingkat kemiripan (similarity) tertinggi
diketahui sebesar 94% atau dapat dikatakan seluruh bagian dari artikel tersebut diduga meniru tulisan orang
lain (plagiat) yang diperoleh dari internet. Sedangkan tulisan yang memiliki tingkat kemiripan terendah
adalah sebesar 2%, atau hampir tidak ada dugaan praktek plagiarisme dari tulisan tersebut. Dugaan
plagiarisme tersebut bisa memang sengaja dilakukan oleh penulis, atau bisa secara tidak sengaja dilakukan
oleh penulis, misalnya karena ketidak tahuan cara menulis kutipan. Karenanya, disarankan agar para penulis
mempelajari pedoman penulisan yang banyak beredar di dunia akademik sehingga hasil tulisannya sesuai
dengan peraturan dan terhindar dari dugaan plagiarisme.
ABSTRACTOne of the librarians activities that consider as the activities of the main elements, but not as the main tasks of the
librarian is the writing works or scientific work in the field of librarianship. This activity is grouped into the
professional development. The Credit point that offered for this activity is quite large, especially when compared to the
activities of the library technical activities or the library housekeeping activities. Therefore, many librarians are doing
this activity in order to get the bigger credit point. Unfortunately, many librarians are not careful in writing, or may
also intentionally do things that are not commendable, so that the result of the work contains a lot of alleged plagiarism.
This study tried to give the picture of the writing work / academic work of the librarian that proposed to the National
Assessment Team at the National Library. The study was carried out to 129 work that written by 16 librarians during
January - May 2019. Samples were taken using non probability sampling techniques, namely drawn incidentally
sampling. All papers are examined using the Turnitin application and were recorded the level of similarity with other
works that are already posted in cyberspace. The highest similarity level is known to be 94% or it can be considered
that all parts of the work suspected as copied from other works (plagiarism) that are found in the internet. While the
work that has the lowest similarity level is 2%, or there is almost no suspicion of plagiarism from the writing.
Allegations of plagiarism can indeed be deliberately done by the author, or can be accidentally done by the author, for
example because of ignorance of how to write a quote. Therefore, it is recommended that the authors to study or to
read the writing guidelines that are widely circulating in the academic world so that their work are not break the rules
and avoid the alleged plagiarism.