UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Penggambaran Queer di Media: Persepsi Penonton Indonesia tentang Konten Queer Kuat yang Disajikan di Glee TV Series = Queer Portrayal on Media: Indonesian Audience Perception of Strong Queer Content Presented in Glee TV Series

Arie Kurnia Prawira; Adriana Rahajeng Mintarsih, supervisor; Inditian Latifa, examiner; Harumi Manik Ayu Yamin, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

Homoseksualitas telah dianggap sebagai masalah yang sangat kontroversial di Indonesia. Namun, Glee, sebuah serial TV Amerika yang memiliki konten LGBT yang kuat dan disutradarai oleh seorang showrunner homoseksual bernama Ryan Murphy, ditayangkan di stasiun TV Indonesia yaitu RCTI dan GlobalTV dari 2010 hingga 2011 dan kembali ditayangkan di 2015 dan diterima dengan baik oleh penonton Indonesia. Survei daring dan wawancara mendalam dilakukan untuk mengungkap persepsi penonton Indonesia tentang Glee. Menggunakan konsep respon audiens oleh Stuart Hall, penelitian ini menemukan bahwa meskipun para responden menikmati tontonan serial ini, Glee diterima dengan baik di Indonesia karena unsur-unsur musikal dan dramatisnya menutupi konten LGBT-nya yang kuat.

Homosexuality has been considered a highly controversial issue in Indonesia. However, Glee, an American series which has strong queer content and directed by an openly homosexual showrunner Ryan Murphy, was aired on Indonesian TV stations namely RCTI and GlobalTV from 2010 to 2011 and again in 2015 and well-received by Indonesian audience. Online survey and in-depth interviews were conducted to unravel Indonesian audience perception of Glee. Using Stuart Halls concept of audience response, this research found that although the respondents enjoyed watching the series, Glee is well-received in Indonesia because its musical and dramatic elements overshadow its strong queer contents.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Arie Kurnia Prawira.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 27 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-Pdf 16-21-455039867 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20502785
Cover