UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan antara keintiman pasangan dengan kepatuhan terhadap pengobatan antiretroviral (ARV) pada Odha di kota Bandung = Relationship between partner intimacy with adherence to antiretroviral treatment in people with HIV in the city of Bandung

Safitri Fadilla Wardhani; Sri Yona, supervisor; Agung Waluyo, examiner; Anggi Noorana Zahra, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

Terapi antiretroviral telah terbukti efektif dalam mengurangi kematian yang disebabkan oleh HIV-AIDS. Namun, efektivitas terapi antiretroviral dipengaruhi oleh kepatuhan. Faktor yang memengaruhi kepatuhan Antiretroviral adalah keintiman suami sebagai dukungan psikososial yang dibangun di atas aspek emosional, sosial dan seksual. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara keintiman pasangan dengan kepatuhan antiretroviral. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan metode pengambilan sampel secara berurutan yang melibatkan 115 orang dewasa yang hidup dengan HIV-AIDS (ODHA) yang menerima Antiretroviral sebagai responden. Hasil penelitian dianalisis dengan uji Chi Square dan menunjukkan hubungan yang signifikan antara keintiman suami dengan kepatuhan antiretroviral (nilai p = 0,000; 95% CI). ODHA yang memiliki tingkat keintiman yang tinggi juga memiliki tingkat kepatuhan ARV yang tinggi. Penelitian ini bermanfaat bagi penyedia kesehatan dalam mendukung peningkatan kepatuhan ART dengan melibatkan mitra ODHA dalam program perawatan, dukungan dan pengobatan.

Antiretroviral therapy has been proven effective in reducing deaths caused by HIV-AIDS. However, the effectiveness of antiretroviral therapy is influenced by adherence. Factors that influence Antiretroviral adherence are husband's intimacy as psychosocial support that is built on emotional, social and sexual aspects. This study aims to identify the relationship between partner intimacy and antiretroviral adherence. This study used a cross sectional design with sequential sampling methods involving 115 adults living with HIV-AIDS (PLWHA) who received antiretrovirals as respondents. The results of the study were analyzed with the Chi Square test and showed a significant relationship between husband's intimacy with antiretroviral adherence (p = 0,000; 95% CI). PLWHA who have a high level of intimacy also have a high level of ARV compliance. This research is beneficial for health providers in supporting increasing ART adherence by involving PLWHA partners in care, support and treatment programs.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Safitri Fadilla Wardhani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : Spdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2019
Bahasa : Ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 54 [5] pages ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
Spdf 146-20-001955903 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20503587
Cover