UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Sejarah diplomatik Jepang dan negara-negara Afrika Timur pada 1990-2014 = Diplomatic history of Japan and eastern Africa countries in 1990-2014

Anindya Permata Widhi; I Ketut Surajaya, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Penelitian ini membahas kiprah Jepang dalam hubungan diplomatik dengan tiga negara Afrika Timur, yaitu Kenya, Etiopia dan Somalia pada 1990-2014. Bidang yang dibahas dalam penelitian ini adalah politik dan ekonomi mengingat negara-negara Afrika Timur memiliki masalah besar dalam bidang tersebut karena mereka masih dilanda kemiskinan ekstrim, bencana kelaparan, berbagai macam konflik dan aksi terorisme. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitik yang bersifat kualitatif.
Penelitian ini menggunakan studi dokumen yang terdiri dari dokumen cetak dan dokumen elektronik, termasuk situs berita. Hasil dari penelitian ini adalah hubungan diplomatik Jepang dan negara-negara Afrika Timur selalu disertai dengan jalan terjal mengingat negara-negara tersebut masih dilanda konflik dan mengalami kemiskinan ekstrim. Jepang juga menyelenggarakan sejumlah pertemuan dan forum terkait masalah di Afrika, termasuk Afrika Timur dengan acara utama yang bernama TICAD atau Tokyo International Conference on Africa Development yang menjadi salah satu forum kebijakan Afrika terbesar di dunia.

This research explains Japan's contribution on diplomatic relations with three Eastern Africa countries, they are Kenya, Ethiopia and Somalia in 1990-2014. Fields which are explained are politics and economics, considering Eastern Africa countries have huge problems on those fields because they still suffer from extreme poverty, famine, various conflicts and terrorism attacks. Method which is used on this research is qualitative descriptive analitic.
This research uses document study which consists printed and electronic documents, including news sites. Result of this research is Japan's diplomatic relations with Eastern Africa countries always come with rough ways cited that those countries still going on conflicts and suffer from extreme poverty. Japan also held several summits and forums regarding issues in Africa, including East Africa with the main event named TICAD or Tokyo International Conference on Africa Development which became one of the largest African policy forum in the world.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Anindya Permata Widhi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 48 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-21-527603353 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20503669
Cover