Kehadiran sosok
public relations dibutuhkan oleh banyak perusahaan, sejalan dengan salah satu fungsinya yang bertanggung jawab dalam membantu perusahaan memiliki citra dan reputasi yang baik di mata khalayaknya. Citra yang positif dapat memberi berbagai dampak yang menguntungkan pada perusahaan.
Mall Pesona Square yang baru berdiri selama kurang lebih satu tahun tentu membutuhkan jasa
public relations guna membangun citra yang positif sedini mungkin. Upaya
public relations diciptakan melalui berbagai rancangan strategi humas yang kemudian diterapkan oleh
Mall Pesona Square. Strategi ini dibentuk melalui empat tahapan proses yang mencakup
defining problems,
planning and programming,
taking action, dan
evaluating the program. Strategi kemudian dikelompokkan ke dalam tujuh jenis di antaranya
publications,
event,
news,
community involvement,
inform,
lobbying, serta
social responsibility. Dalam implementasinya,
Mall Pesona Square berhasil menggunakan seluruh tujuh jenis strategi dalam upaya membangun citra positif. Strategi yang paling dianggap positif oleh khalayak yaitu strategi
inform di mana
Mall Pesona Square menjadi satu-satunya
mall di Kota Depok yang mengumandangkan adzan ketika memasuki waktu sholat bagi umat islam.