UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Comparison of Hilsenhoff and Ecoton Method on The FBI Score at Ciliwung Aquatic Ecosystem = Perbandingan Metode Analisis Biotik Ciliwung (FBI) dengan Menggunakan Metode Hilsenhoff dan Ecoton

Sulthan Ridansyah Apan; Dwita Sutjiningsih, supervisor; Evi Anggraheni, examiner; Toha Saleh, examiner; Astria Nugrahany, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

ABSTRAK
Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk menentukan kualitas air dengan menggunakan skoring FBI, dua di antaranya adalah Metode Hilsenhoff dan Ecoton. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kedua metode tersebut, mana yang lebih sederhana dan lebih dapat diterapkan di Indonesia. Dan untuk menganalisis hasil dari kedua metode tersebut. Penelitian ini didasarkan pada sub-DAS Ciliwung yang terdiri dari 20 Sub-DAS dari hulu, tengah dan hilir. Metode Hilsenhoff menggunakan rumus yang mencakup jumlah specimen dan nilai toleransi, sedangkan metode Ecoton menggunakan skor penilaian dari 1-4 dengan 4 parameter dan juga menggunakan penilaian dari kartu berbentuk amplop yang dikembangkan oleh Perum Jasa Tirta 1 (PJT). Dengan menggunakan kedua metode tersebut, hasil FBI untuk masing-masing sub-DAS dapat ditemukan dan juga dapat dibandingkan satu sama lain.

ABSTRACT
There is some methods that can be used to determining the water quality by using the FBI score, two of the example are Hilsenhoff Method and Ecoton Method. This research aims to compare those two methods whose more simpler and more applicable in Indonesia and to analyze the result from the two methods. This research based on the Sub-Watershed of Ciliwung that consist of 20 Sub-Watershed from the upstream, middle and downstream. Hilsenhoff method use formula that includes number of specimens and the tolerance value, while Ecoton method use assessment score from 1-4 with parameter and also use the scoring from an envelope shape that developed by Perum Jasa Tirta 1 (PJT). By using those two methods, the result of FBI for each Sub-Watershed can be found and also compared to each other.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Sulthan Ridansyah Apan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 73 pages : illustration ;
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-22-06683303 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20504499
Cover