UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Strategi pengembangan kapabilitas PT. XYZ untuk memanfaatkan peluang bisnis pemeliharaan dan perbaikan mesin pesawat ATR72 (PW-100 series) = Capability development strategy of XYZ to utilize business opportunities of ATR72 engine (PW-100 series) maintenance, repair and overhaul

Akbar Romadhona Gifari; Djoko Sihono Gabriel, supervisor; Rahmat Nurcahyo, supervisor; M. Dachyar, examiner; Farizal, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Perkiraan pertumbuhan penggunaan pesawat ATR72 di Asia Pasifik akan terus meningkat menjadi 1330 pesawat sampai dengan jangka waktu dua dekade mendatang, sementara di Indonesia pada saat ini sudah mengoperasikan sebanyak ±118 pesawat. Saat ini mesin pesawat ATR72 (PW-100) yang beroperasi di Indonesia melakukan kegiatan overhaul dengan outsourcing ke luar negeri. Tentu kegiatan ini disebabkan oleh belum adanya pemanfaatan peluang dalam menangkap pasar PW-100. Peluang untuk mengembangkan bisnis tersebut akan dilakukan di perusahaan MRO di Indonesia, yaitu PT. XYZ dengan membutuhkan strategi pengembangan kapabilitas baru yang akan berdampak pada efektivitas serta efisiensi proses bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah merumuskan strategi PT. XYZ dalam mengembangkan kapabilitas baru untuk meraih peluang bisnis overhaul PW-100. Metode kualitatif yang digunakan adalah menggunakan kombinasi Business Model Canvas (BMC) dengan metode SWOT dan secara kuantitatif menggunakan Analytical Network Proces (ANP). Hasil dari penelitian ini adalah didapatkan strategi utama dalam mengembangkan kapabilitas overhaul PW-100, yaitu dengan melakukan pendekatan/kerja sama dengan selain operator utama, yaitu PT. Garuda Indonesia & PT. Citilink Indonesia yang memiliki armada ATR untuk menaikkan posisi tawar perusahaan terhadap Original Equipment Manufacturer(OEM).

Growth of ATR72 in Asia Pacific will increase to 1330 aircraft in the next two decades, while Indonesia currently operates approximately 118 aircraft. In fact, ATR72 in Indonesia is still overhauling its engine (PW-100) by outsourcing abroad because lack of capabilities to capture the opportunities of domestic market. The aim of this study is to formulate the strategy of Maintenance, Repair and Overhaul (MRO) company, XYZ, in developing new capabilities to grab PW-100 overhaul business opportunities. Therefore, it is necessary to use Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats (SWOT) analysis to analyze the strategic factors of MRO and Analytic Network Process (ANP) as a quantitative measurement among the strategies. The ANP-SWOT analysis does not provide a specific description regarding companys business model. This research uses Business Model Canvas (BMC) to complete ANP-SWOT analysis by defining companys business model and establish more specific strategies for management decisions in developing capability.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Akbar Romadhona Gifar.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 67 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-22-92598694 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20504920
Cover