Semua Murid Semua Guru (SMSG) merupakan organisasi nirlaba yang berdiri sejak tahun 2016 dengan tujuan untuk mengembangkan kualitas dan aksesibilitas pendidikan di Indonesia. SMSG memiliki visi untuk membangun kesadaran masyarakat mengenai isu-isu pendidikan, menjadi simpul komunikasi antar komunitas dan organisasi pendidikan, serta mendorong terjadinya kolaborasi di antara berbagai pemangku kepentingan dan inisiatif publik di bidang pendidikan. Dalam mewujudkan visi tersebut SMSG membuat sebuah jaringan dan wadah alternatif dalam menyatukan komunitas dan organisasi pendidikan dari seluruh Indonesia, dengan membawa sebuah misi, yaitu menyebarluaskan pesan mengenai pentingnya keterlibatan publik serta mendorong partisipasi publik dalam isu pendidikan melalui kegiatan
offline maupun
online melalui
platform digital. Namun, Jaringan Komunitas dan Organisasi Pendidikan (KOP) SMSG memiliki keterbatasan akses pada jaringan kemitraan, maka dari itu SMSG menawarkan program bernama "Rencana Aksi Klaster" untuk memperkenalkan KOP pada mitra SMSG. Sebagai program perdana dari SMSG, “Rencana Aksi Klaster” membutuhkan program komunikasi yang efektif untuk mendapatkan perhatian khalayak sasarannya. Jika tidak terlaksana, program ini tidak dapat bertugas untuk menyelesaikan permasalahan KOP, yaitu kapasitas keuangan yang rendah dan ketiadaan akses pada jaringan mitra.
Marketing Public Relations (MPR) dalam hal ini dapat membantu SMSG untuk meluncurkan program perdana dengan mempengaruhi khalayak sasaran dan membangun kesadaran pada program tersebut.
Semua Murid Semua Guru (SMSG) is a non-profit organization that has been build since 2016 which focus on developing Indonesia’s education quality and accesibility. SMSG was born from a vision to build Indonesian awareness about their own education issues, to be a communication centre for education community and organization, and to encourage collaboration between education stakeholders and public initiator. In realizing their vision, SMSG build a network for Indonesia’s education community and organization to carry a mission, which are spreading messages about the importance of public participation in education and to encourage public participation through offline and online activity. However, Komunitas dan Organisasi Pendidikan (KOP) Network has limited access to a partnership network, therefore SMSG offers a program called "Rencana Aksi Klaster" to introduce KOP to SMSG partners. As the inaugural program of SMSG, the "Rencana Aksi Klaster" requires an effective communication program for their target audience to be aware of the program. If this is not implemented, the program cannot be completed to solve KOP problems, namely their financial capacity and lack of access to partner networks. Marketing Public Relations (MPR) could help SMSG to launch the program, influencing, and building the target audience awareness towards the program.