Perencanaan Program Marketing Public Relations pada Raindear Coffee and Kitchen = Marketing Public Relations Planning for Raindear Coffee and Kitchen
Tia Regita;
Ken Reciana Sanjoto, supervisor; Vida Aulia Budiany Parady, supervisor; Nadia Marita Andayani, examiner; Bambang Wachyudianto, examiner
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020)
|
RINGKASAN EKSEKUTIF
Analisis Situasi
Strength (Kekuatan):
1. Raindear memiliki aset media sosial yaitu Instagram, Facebook, dan Whatsapp yang dipergunakan sebagai kanal promosi pada target audiens yang dituju.
2. Lokasi Raindear berada di pusat kota dan dekat dengan Stasiun Bogor, Gerbang tol Bogor, dan Lembaga Pendidikan sehingga akses bagi target audiens menuju lokasi Raindear cukup mudah.
3. Memiliki bangunan yang luas dan dapat menampung lebih dari 100 pengunjung menjadi modal yang cukup untuk ajang promosi kepada target audiens.
4. Terdapat Manager yang berjaga dan berhubungan baik dengan customers melalui interaksi langsung.
5. Dengan menjual makanan dan minuman yang berbeda dibandingkan dengan kompetitor, dapat dijadikan daya tarik tersendiri.
6. Raindear sudah peduli terhadap isu lingkungan dengan menggunakan alat yang dapat didaur ulang, yang dapat dijadikan untuk branding.
Weakness (Kelemahan):
1. Raindear tidak memiliki staf khusus untuk maintenance media sosial, sehingga unggahan yang dihasilkan kurang menarik.
2. Belum menentukan brand positioning sebagai coffee shop dengan resto yang memiliki ciri khas yang dapat dikenal.
3. Belum memaksimalkan kegiatan pemasaran dan promosi yang efektif dan terencana.
4. Instagram menjadi satu-satunya media sosial yang paling aktif sehingga pencapaian target audiens belum maksimal.
Opportunity (Peluang):
1. Mendapatkan dukungan dari pemerintah pusat dan daerah untuk mengembangkan usaha kreatif dalam bidang kuliner.
2. Pergeseran kedai kopi sebagai tempat rekreasi untuk mengisi waktu luang.
3. Target audiens yang luas menjadikan Raindear memiliki peluang mendapatkan pengunjung lebih banyak.
4. Peluang mendapatkan pengunjung yang peduli terhadap isu lingkungan hidup.
Threat (Hambatan):
1. Kompetitor dari Raindear memiliki kegiatan pemasaran yang lebih masif dan lebih kreatif.
2. Lokasi yang berdekatan dengan kompetitor, membuat target audiens dapat memilih dan membuat tujuannya berubah dengan mudah.
Tujuan Meningkatkan awareness dan membangun citra dari Raindear sebagai coffee shop dan restoran yang peduli terhadap pengurangan sampah plastik di Bogor
Khalayak Sasaran
o Demografis
o Jenis Kelamin: Laki-laki dan Perempuan
o Usia: >18 Tahun
o Jenjang: Mahasiswa, Karyawan, dan Keluarga yang bekerja
o Tingkat Ekonomi: Kelas Menengah dan Menengah Atas
o Psikografis
o Lifestyle: senang berkumpul bersama teman maupun keluarga, dinamis, praktis, dan menyukai hal baru.
o Memiliki minat untuk berdiskusi perihal isu lingkungan
o Penggemar kuliner
o Geografis
o Kewarganegaraan: WNI dan WNA
o Domisili: Jabodetabek
o Wilayah sasaran umum: Jabodetabek
Pesan Kunci
1. Melalui program “Let’s Reduce Plastic Use with Raindear Coffee & Kitchen”, Raindear menjadi coffee shop dan restoran yang turut berperan dalam pengurangan sampah plastik di Bogor.
2. Melalui program yang dibuat, Raindear mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan pengurangan sampah plastik dan berusaha mendatangkan lebih banyak pengunjung.
Program
1. Pembuatan website
2. Optimalisasi media sosial
3. Challenge “Let’s Reduce Plastic Use with Raindear Coffee & Kitchen” di media sosial
4. Special Event “Movie Night”
5. Special Event “Show your Creativity to Save The Earth at Raindear Coffee & Kitchen”
Jadwal Mulai Januari 2021
Anggaran Total anggaran adalah Rp. 207.670.000
Evaluasi Metode evaluasi yang digunakan adalah metode input, output, dan outcome.
• Input: melakukan evaluasi terhadap proses pelaksanaan kegiatan
• Output: melakukan evaluasi terhadap hasil dari pelaksanaan kegiatan
• Outcome: melakukan pengukuran dampak dan evaluasi dari pelaksanaan kegiatan
Situation Analysis
Strength:
Weakness:
Opportunity:
Threat:
Goal Increase sales and build Raindear’s image as a coffee shop and restaurant that cares about plastic waste reduction in Bogor.
Target Audience
Key Message
Program
Schedule Starting January 2021
Budget Total budget of Rp 207.670.000
Evaluation Evaluation method used is input, output and outcome.
TA-Tia Regita.pdf :: Unduh
|
Jenis Koleksi : | UI - Tugas Akhir |
No. Panggil : | TA-pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Program Studi : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020 |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xvii, 44 pages : illustration ; appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
TA-pdf | 16-22-87949486 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20505013 |